Jakarta – Terjadinya barang yang dicuri di lokasi parkir mal itu dialami oleh Bonita Rachel. Ia kehilangan 2 laptop MacBook, setelah Honda Jazz-nya dibobol di tempat parkir Mal Kemang Village, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019). Dia juga melaporkan kejadian itu kepada pasukan keamanan dan polisi, Polisi Mampang. Dan sekarang kasing masih diproses.

Yang kemudian menjadi pertanyaan, siapa pihak paling bertanggung jawab jika ada pencurian barang di lokasi parkir mal? Kata Ketua Komunitas Konsumen Indonesia David Tobing, perlu melihat dulu pada kewajiban manajemen parkir dan peraturan pemerintah tentang parkir.

Percaya diri pengemudi yang kehilangan barang saat parkir di mal Foto: Pool

"Sangat mungkin Kemang Village dikelola oleh operator parkir. Tentunya dia yang mengelola parkir, dia yang menjaga lalu lintas parkir yang tertib, dan dia petugas, menjaga keamanan kendaraan yang diparkir," kata David kepada detikOto melalui telepon, Sabtu (12/1) / 2019).

Sementara itu, jika mengacu pada peraturan Gubernur DKI Jakarta, pengelola parkir hanya bertanggung jawab atas apa yang terjadi di luar mobil. "Dalam Peraturan Gubernur DKI Nomor 5 Tahun 2012 tentang Parkir, jika ada kejadian kehilangan mobil, pengelola parkir harus bertanggung jawab (ganti) bersama dengan asuransi. Nah, kategori mobil di sini adalah bagian mobil yang rusak. Rusak , termasuk jika mobilnya hilang, "jelas David.

Sekarang, bagaimana jika barang yang hilang ada di dalam mobil? "Ada dua perspektif di sini. Jika berdasarkan peraturan parkir, barang-barang yang hilang di mobil tidak tercakup. Dan jika Anda ingin membuktikannya di pengadilan, tentu akan sangat sulit. Tetapi korban juga dapat menuntut dari sisi kriminal bahwa tindakan telah terjadi. kerusakan mobil dan pencurian di dalam mobil, sekarang di sinilah pemilik mobil dapat melapor ke polisi, "lanjut David.

Jika ada insiden, maka manajer mal atau manajer parkir harus membantu proses penyelidikan. "Apa kewajiban manajer, ia harus membuka rekaman CCTV dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan insiden itu, seperti petugas yang sedang berjaga pada saat itu. Dan jika penyelidikan ditemukan kelalaian, maka mereka bisa dikenai sanksi pidana. Dan jika tidak terbukti, pencuri harus dicari, "Jadi, ini adalah serangkaian tanggung jawab," David menyimpulkan. (lua / lth)