Jakarta –

Alex Marquez masuk ke MotoGP dengan bayang-bayang kakak laki-lakinya, Marc Marquez yang sudah meraih 7 gelar juara dunia. Marc ditarik keluar lintasan karena cedera, Honda yang tak kunjung naik podium hingga MotoGP Catalan membuat Alex menjadi sorotan dan dihujani kritik.

Di musim pertamanya ini beban Alex di pundaknya tidak sekadar membuktikan bahwa statusnya di level tertinggi balap motor bukan berkat Marc. Ia pun diharapkan Honda bisa merebut poin-poin yang biasanya dipercayakan kepada Marc. Hanya saja, hingga balapan ke-8 Alex tak mendapatkan hasil yang menjanjikan untuk kelanjutan kariernya di MotoGP.

Pada balapan MotoGP ke-9 2020 dia akhirnya menjawab semua pandangan miring yang ditujukan padanya. Alex berhasil membawa Honda naik podium pertamanya musim ini di MotoGP Prancis di trek basah. Hebatnya, Alex finis ke-2 setelah memulai balapan dari urutan ke-18

Setelah balapan, Alex ditanya apa yang akan terjadi jika kakak laki-lakinya Marc berada di satu trek saat itu.

"Jika dia ada di trek hari ini, saya akan mengalahkannya," jawab Alex sambil tersenyum.

Diakui Alex, sang kakak memang pembalap spesial yang kemampuannya di atas rata-rata. Meski begitu, dia sudah tidak sabar bersaing dengan kakaknya di lintasan balap.

"Marc jelas merupakan pembalap di level lain, dia sangat kuat dan berpengalaman. Mungkin kami akan bersaing seperti kami balapan di trek datar. Saya berharap dia akan segera kembali karena bersaing dengan pembalap seperti Marc memungkinkan Anda untuk berkembang lebih baik. Coba lihat kapan dia kembali, meski saya tidak tahu kapan, ”tambah Alex.

Alex juga mengatakan bahwa sebelum balapan MotoGP Prancis dia berbicara dengan Marc tentang ban. Tapi soal hujan dan balapan, Alex tidak minta masukan apa-apa dari Marc.

“Kami berbicara selama minggu ini, kebanyakan tentang ban tapi bukan tentang balapan dan hujan. Dia selalu menyuruh saya untuk naik motor dengan gembira dan selalu berusaha untuk cepat dan konsisten,” pungkas Alex.

Tonton video "Tanpa Marquez, Repsol Honda Team Paling Ekor di MotoGP Ceko"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)