Jakarta –

Merek mobil Spanyol, Seat, menerbitkan survei menarik tentang keselamatan berkendara. Ditemukan mengemudi dengan anjing di dalam akan meningkatkan kewaspadaan saat mengemudi.

Studi terhadap lebih dari setengah pengemudi di Inggris yang memiliki anjing mengatakan mereka mengemudi lebih hati-hati saat bepergian dengan hewan peliharaan mereka di dalam mobil. Semakin muda pengemudi, semakin tinggi tingkat kewaspadaannya, terutama pada mereka yang berusia 18-24 tahun, yang merupakan 69 persen dari total koresponden. Sedangkan pengemudi yang lebih tua, hanya 42 persen yang mengaku lebih hati-hati mengemudi saat menggendong anjingnya.

Selain meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara, membawa anjing bersama di dalam mobil saat mengemudi juga memberikan manfaat lain. Sebanyak 35 persen koresponden mengaku lebih santai saat membawa anjing di dalam mobil. Dengan kata lain tingkat stres pengemudi yang membawa anjing cenderung lebih rendah daripada yang tidak saat mengemudi.

"Semua orang tahu bahwa orang-orang Inggris sangat mencintai anjing mereka, tetapi penelitian ini menegaskan bahwa memiliki sahabat mereka di dalam mobil dapat berkontribusi untuk berkendara yang lebih aman sambil juga memiliki manfaat kesehatan mental yang positif dengan mengurangi tingkat stres," kata kepala aftersales SEAT UK , Nigel Griggs,

Ironisnya, sebagian besar koresponden tidak tahu ada aturan tentang membawa hewan peliharaan di dalam mobil. Lebih dari sepertiga koresponden tidak tahu ada peraturan dan 90 persen tidak tahu bahwa ada denda USD 6.200 atau sekitar Rp. 92 juta jika meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil tanpa menjaganya.

Menariknya ternyata banyak pemilik anjing tidak tahu bahwa ada penalti. Hanya 1 dari 5 orang yang tidak meninggalkan anjing mereka di dalam mobil saat bepergian.

"Pengemudi harus memastikan mereka menjaga anjing mereka tetap aman saat bepergian. Mereka harus menggunakan aksesori hewan peliharaan yang nyaman dan aman seperti halnya penumpang yang menggunakan sabuk pengaman," katanya.

Lihat video "Kepala Polisi Resmikan Indonesia Safety Driving Center di Tangerang Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)