Jakarta –

Esemka tak hanya menyiapkan mobil di segmen komersial, yakni pikap Bima. Produsen mobil yang memiliki basis produksi di Boyolali, Jawa Tengah ini memamerkan kendaraan penumpang dengan model Sport Utility Vehicle (SUV).

Di tahun 2019 ini, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) memamerkan salah satu SUV besarnya. SUV tersebut terlihat gagah, dari segi tampilan eksteriornya tidak kalah dengan SUV dari merk Jepang.

SUV tersebut adalah Esemka Garuda 1. Memang, Esemka mengaku tidak berniat meluncurkan mobil penumpang. Namun dengan tampilan SUV Esemka Garuda 1, tidak tertutup kemungkinan Esemka akan meluncurkannya.

Apalagi di media sosial sempat beredar narasi bahwa Esemka Garuda 1 akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.

[Gambas:Instagram]

Namun Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Sabar Budi menjelaskan, saat ini pihaknya masih memasarkan model pikap Bima. Dia belum memastikan kapan SUV Garuda 1 akan diluncurkan pada 2020.

"Masih prototipe (Esemka Garuda 1)," kata Sabar Budi saat dihubungi detik.com, Kamis (27/8/2020).

Sabar juga mengatakan akun media sosial Instagram atas nama @Esemkaofficial_ yang memberitakan peluncuran Esemka Garuda 1 adalah akun palsu.

“Iya betul (palsu), akun (resmi Esemka) adalah @esemkaindonesia,” kata Sabar.

Nama Esemka Garuda 1 juga telah terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pajak Kendaraan Bermotor dan Pengalihan Biaya Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019. Dalam lampiran peraturan, merek tersebut Esemka Garuda 1 tertulis.

Dalam daftar terlampir di halaman 22, nama Esemka Garuda 1 termasuk dalam jenis mobil penumpang Minibus. Dengan nomor kode 10365101001, Esemka Garuda 1 dibekali mesin 2.000 cc.

Tonton video "Intip Kemewahan Interior Esemka Garuda 1"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)