Rak atap adalah cara yang bagus untuk membawa barang-barang besar dan besar yang mengambil terlalu banyak ruang di dalam kendaraan Anda. Namun, mereka tidak dirancang untuk membawa beban berat, dan jika Anda melakukan ini Anda cenderung merusak kendaraan Anda dan berisiko mengalami kecelakaan serius. Kebanyakan penggerak empat roda hanya akan membawa maksimum 100kg di rak atap. Beberapa rak baja panjang penuh beratnya sekitar 50kg, dan sebagai hasilnya daya dukung Anda berkurang secara drastis. Beberapa jerigen dan Anda sudah melihat melampaui batas. Penting untuk memastikan bahwa berat total pada atap Anda tidak melebihi apa yang dinyatakan oleh pabrik pembuat sebagai maksimum.

Tidak semua rak berat 50kg; banyak yang beratnya tidak lebih dari 15kg. Namun, itu tergantung pada desain dan material yang digunakan. Apa yang sama pentingnya dengan memeriksa beban maksimum yang dirancang untuk diambil oleh atap Anda, adalah melihat rak atap apa yang akan Anda bawa. Beberapa rak atap hanya dirancang untuk membawa masing-masing 30kg, dan sekali lagi ini dapat dengan mudah dibebani. Catat kondisi apa rak dirancang untuk beroperasi juga. Saya telah melihat banyak rak atap yang menyatakan 'tidak untuk penggunaan off-road'. Jika Anda mendapatkan satu set seperti ini, taruh beberapa jeriken di atas dan kemudian berjalan di atas kerikil, pasir atau jalanan bergelombang lainnya yang berisiko merusak rak, kehilangan beban Anda atau merusak atap kendaraan Anda.

Sangatlah umum untuk melihat orang-orang memasang rak atap mereka dengan lebih banyak gigi daripada apa yang harus dibawa, atau memuat atap mereka dengan lebih dari apa yang harus dilakukan. Sekali lagi, simpan barang-barang berat di dalam kendaraan Anda, dan barang-barang besar di rak. Dengan melakukan ini, Anda memastikan bahwa pusat gravitasi tetap rendah, dan ini membuat mobil lebih stabil. Ketika Anda mengemudi empat roda, ini sangat penting. Bahkan ketika Anda berada di jalan, jauh lebih aman untuk memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah.

Alasan utama rak atap dinilai untuk bobot yang berbeda adalah desain dan material yang digunakan. Anda akan menemukan bahwa rak plastik pada umumnya tidak akan dapat memuat berat seperti baja atau aluminium. Aluminium lebih ringan dari baja, yang sangat membantu jika Anda ingin membawa beban yang lebih berat ke atas (sekali lagi, saya tidak merekomendasikan ini!)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here