Jakarta –

Durasi penggantian komponen sepeda motor tentu berbeda dengan motor yang digunakan untuk hari itu. Misalnya, sebagai komponen pada sepeda motor MotoGP, interval penggantian dilakukan lebih cepat, mengingat bahwa sepeda motor ini digunakan untuk kompetisi tingkat tinggi dan sering digunakan dalam kondisi cuaca ekstrem.

Mengutip dari Repsol Box, Honda RC213V yang digunakan oleh Marc Márquez, misalnya, perlu mengganti ban setiap kali memasuki seri baru dan kadang-kadang juga selama seri. Ban MotoGP tidak bertahan lebih lama dari jarak yang ditempuh dalam satu balapan (sekitar 120 km).

Foto Honda RC213V: Instagram @motogp

Setelah ban, komponen yang bergerak cepat yang harus diganti adalah sistem pelumasan. Level oli harus diperiksa di setiap seri dan diisi ulang jika perlu. Ketika hari perlombaan tiba, minyak harus diganti dengan yang baru.

Berikutnya adalah sistem pendingin. Sistem pendingin harus diperiksa di setiap seri. Setelah seri berakhir, garis radiator dan pipa pendingin dibersihkan dan diperiksa apakah ada kerusakan atau tidak.

Rantai dan sprocket juga merupakan bagian yang harus diperiksa. Sistem penggerak ini perlu diperiksa, dilumasi, dan dikencangkan setelah seri berakhir. Komponen ini hanya diganti jika perlu. Interval rantai dan sproket saja mencapai 500 km.

Foto Honda RC213V 2017: HRC (hondaracingcorporation)

Sedangkan untuk kampas rem memiliki interval penggunaan 800 km hingga 1.000 km. Durasi penggantian 1.000 km juga dilakukan untuk sistem kopling.

Bagian lain yang perlu diperiksa adalah filter udara, sistem injeksi, dan busi. Semua bagian ini harus diperiksa setelah balapan selesai, jika penurunan kinerja terdeteksi, itu harus diganti.

Inspeksi juga dilakukan pada komponen dan sensor elektronik. Pekerjaan kedua komponen ini dapat berkurang dengan penggunaan. Penggantian komponen elektronik biasanya dilakukan setiap 4 seri atau sekitar 2.000 km.

Lihat video "Mendapatkan Posisi Tiang di MotoGP di Andalusia, Quartararo & # 39; Asapi & # 39; Yamaha Star"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)