Jakarta –

Plat nomor kendaraan yang unik banyak dicari oleh para kolektor dan penggemar otomotif, yang membuatnya sangat mahal. Untuk membayar pajak setiap tahun, apakah mahal?

Pemilik plat nomor unik, Vinnie Kinetica Rumbayan (28) menjelaskan kepada detikOto, bahwa pajak plat nomor unik ini sama dengan kendaraan lain. Itu semua tergantung pajak tahunan untuk jenis kendaraannya.

“Membayar pajak itu wajar seperti mobil lainnya, jadi pajaknya berdasarkan jenis mobilnya,” kata Vinnie.

Berdasarkan penelusuran detikOto, Toyota Avanza Vinnie berpelat B 40 hanya membayar pajak pertahun sebesar Rp 3.843.000. Artinya sesuai dengan jenis pajak mobilnya.

Vinnie menjelaskan, satu hal yang dilarang bagi pemilik plat nomor unik adalah terlambat membayar pajak. Terlambat membayar pajak hanya untuk satu hari, plat nomor bisa berpindah tangan. Itu bisa dimaklumi karena piringnya banyak diminati.

Pemilik nomor pasti bayar pajak kendaraan tepat waktu dan dinyalakan. Begitu tidak bayar pajak bisa langsung hilang. Ups, kalau hilang (milik seseorang lain) saya tidak mengerti (sangat menyesal seumur hidup), ”kata Vinnie.

Vinnie merawat baik-baik nomor kendaraannya yang dua digit tanpa alfabet belakang. Soalnya, berdasarkan penelusuran detikOto di situs e-commerce di Indonesia, ada seorang kolektor plat nomor kendaraan unik yang menjual plat 3 digit tanpa huruf belakang seharga Rp. 100 juta.

Tonton Video "Polisi Pamer Desain Plat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)