taich: Model eksklusif membuatnya seperti pecinta skuter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tren pengguna otomatis (skuter) di kota-kota besar diperkirakan terus meningkat. Sejumlah pabrikan sepeda motor memajang produk skuter mereka sebagai pilihan bagi pengguna kendaraan roda dua di Tanah Air.

Penawaran penjualan menarik didukung oleh layanan purna jual kini sedang ditawarkan sejumlah dealer roda dua di negara ini. Salah satunya adalah Indonesian Peugeot Motocycles (PMI), yang memasarkan kendaraan roda dua Peugeot di negara ini. Sejauh ini masyarakat di negara tersebut telah mengenal nama Peugeot melalui kendaraan penumpang roda empat. Namun untuk kendaraan roda dua, Peugeot lebih dikenal di kalangan tertentu, terutama pecinta skuter.

Sosok skuter Peugeot berbeda dari skuter pada umumnya yang berbeda di pasar negara itu. Terutama dari model yang lebih eksklusif sehingga memancarkan kesan mewah dan nyaman. Tidak mengherankan, dalam beberapa tahun terakhir, skuter Prancis disukai oleh pecinta skuter di negara ini.

"Mereka yang lebih menyukai komunitas dan mereka umumnya tinggal di wilayah selatan," kata Hanif Harsawan, Kepala Cabang Stokeswood Motorcycles Retailindo di dealer Peugeot Motorcycle akhir pekan lalu.

Menurutnya, saat ini jumlah skuter Peugeot telah mencapai sekitar seribu unit. Sebagian besar pemiliknya masih tinggal di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. "Ada 350 orang aktif di komunitas," kata Hanif.

Oleh karena itu, ia telah membuka layanan pemeliharaan dan layanan penjualan untuk skuter Peugeot di area Bintaro Jaya, Jakarta Selatan. Dalam Workshop yang telah beroperasi sejak tahun lalu, ia melayani perbaikan kecil untuk produk Peugeot skala besar seperti Django, Metropolis dan Speedfight.

Harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari Rp. 39 Juta untuk jenis Speedfight ke tipe tertinggi Metropolis Allure seharga Rp. 284 juta per unit. "Semua unit ready stock, khususnya Metropolis, diimpor langsung dari Perancis," katanya.

Ini juga memberikan diskon khusus bagi mereka yang ingin membeli skuter produk Peugeot mulai dari Rp 1 hingga Rp 4 juta. Promo dilakukan mulai Februari hingga April. Peugeot Motocycles juga mengadakan kegiatan pameran di beberapa kota di Indonesia. Konsumen yang melakukan pembelian selama pameran akan mendapatkan promo layanan gratis selama satu tahun.