Jakarta – Menyambut Pemilihan Presiden 2019, banyak pelaku bisnis memanfaatkan momen ini untuk memasarkan barang dagangan mereka. Beberapa dari mereka mendukung salah satu kandidat presiden, ada juga yang hanya mengikuti momen 5 tahun saat ini.

Salah satu item yang dipengaruhi oleh demam presiden adalah mobil mainan diecast, dengan gaya masing-masing calon presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2013 yaitu Jokowi-Ma & # 39; ruf Amin dan Prabowo-Sandi.

Mobil mainan ini yang sering dibuat dalam koleksi ini terbuat dari logam memberikan masing-masing dari Presiden Calon Presiden Republik Indonesia sebuah pola 2019. "Ini terjadi pada tahun politik, sehingga tampaknya menarik untuk diproduksi dan dijual," kata Herman, yang menjual diecast di Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018. Diecast Prabowo-Sandi Foto: Rizki Pratama / detikOto

Herman, yang bekerja pada mainan dari Vovo Toys, mengatakan bahwa setiap diecast dari dua kandidat hanya menghasilkan masing-masing 15 unit. "Kami hanya membuat 30. Jokowi-Ma & # 39; ruf 15 Diecast, Prabowo-Sandi 15 Diecast," kata Herman.

Diecast presiden Republik Indonesia 2019 yang disajikan dalam mini cooper mini didominasi oleh warna putih dan merah dengan foto dan nomor urut. Herman menambahkan diecast presiden RI 2019 yang kedua dijual dengan harga yang sama. "Kami berdua menjual dengan harga yang sama 150 ribu Rupiah."

Bagi Anda yang suka koleksi diecast atau juara salah satu kandidat, model ini harus menjadi bagian dari koleksi Anda. Jika tertarik, Anda dapat mengunjungi booth diecast IDE 2018 di Hall 8, BSD Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Tangerang Selatan.

Indonesia Expo 2018 Diecast Internasional

Indonesia Diecast Expo (IDE) mengadakan acara kelima tahun ini pada 3-4 November 2018. Acara ini diadakan di aula 8, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Foto Indonesia Diecast Expo 2018: Rizki Pratama / detikOto

"Tahun kelima penyelenggaraan IDE menjadi salah satu bukti bagaimana dunia diecast di Indonesia adalah sesuatu yang tidak main-main," kata Public Relation IDE 2018, Feldani Effendy.

"Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2014, total transaksi terus meningkat. Itulah sebabnya kami optimis bahwa pada tahun 2018 pasar diecast akan terus berkembang dan membuat kami memutuskan untuk pindah ke lokasi yang lebih besar dan menyajikan khusus tamu dari dunia diecast internasional, "tambah Dani.

Selain menampilkan diecast, komunitas, dan pengumpul diecast berbagai merek dan skala, Shopee IDE ke-5 2018 ini juga memiliki kompetisi diecast khusus. Bekerja sama dengan Indonesia Modification Expo (IMX) kali ini IDE menggelar dua kelas kompetisi khusus, yaitu kelas Custom diecast Honda Civic Type R FK8 dengan skala 1:64 dari semua merek diecast dan kelas Pro Terbaik yang berlaga di kompetisi skala diecast 1:64 untuk semua jenis merek.

Foto Indonesia Diecast Expo 2018: Rizki Pratama / detikOto

Khusus untuk kelas Custom Honda Civic Type-R, pemenang akan diumumkan pada acara IMX 2018 dengan menampilkan hasil asli dari custom diecast pada skala 1: 1. "Menyadari hasil kustom dari sebuah diecast dalam bentuk 1: 1 adalah penghargaan khusus untuk customizer diecast. Ini adalah pertama kalinya hal itu dilakukan dan telah menjadi benang merah yang nyata bahwa dunia diecast dan otomotif adalah satu kesatuan," kata Feldani

Sebagai tradisi yang telah dilakukan sejak IDE pertama, kali ini IDE 2018 juga akan mengumpulkan donasi dari kolektor, komunitas dan pengunjung. Sumbangan yang dikumpulkan akan disumbangkan untuk para korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat serta menguatnya gempa tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. (rip / lth)