Jakarta – Otolovers, masih ingat tindakan Presiden Joko Widodo saat mengendarai sepeda motor besar pada upacara pembukaan Asian Games 2018? Saat itu Jokowi mengendarai sepeda motor yang biasanya digunakan oleh Paspamres yaitu Yamaha FZ1.

Rupanya itu juga membuat kesan pada memori Jokowi. Ketika mengunjungi pabrik Yamaha di daerah Pulogadung, Jokowi ingat bahwa dia telah mengendarai sepeda motor dengan garpu tala.

"Selama Asian Games saya mengendarai Yamaha. Merek itu tidak menghafal tetapi saya tahu saya mengendarai Yamaha," kata Jokowi di pabrik Yamaha Pulogadung. Yamaha FZ1 adalah moge streetfighter style. Yamaha FZ1 memiliki empat katup, empat silinder, DOHC lima katup per silinder. Kapasitas mesin yang membulat mencapai 998 cc.

Mesin besar dengan konfigurasi empat silinder menawarkan suara keras yang khas. Dalam pembukaan Asian Games 2018 di GBK, moge yang dikendarai Jokowi juga memiliki pandangan sekilas dan suara gahar.

Mesin 1.000 cc mampu menyemburkan sekitar 150 daya kuda pada 11.000 rpm. Torsi maksimum mencapai 106 Nm pada 8.000 rpm. Bahan bakar dipasok dengan sistem injeksi.

Yamaha FZ1 adalah armada Paspampres yang digunakan untuk mengawal konvoi rombongan Presiden. Biasanya, Paspampres mengendarai pengawalan moge streetfighter belakang kanan dan kiri mobil kepresidenan.

Paspampres yang menggunakan motor ini biasanya naik. Satu mengendarai sepeda motor, yang lain memegang senjata untuk melindungi presiden jika ada ancaman.

Sayangnya sepeda motor tidak lagi dijual oleh Yamaha. Sepeda motor sudah tidak diproduksi lagi sejak 2015.

"Untuk saat ini Yamaha FZ1 tidak akan dipasarkan. Karena sudah dihentikan," kata Anton kepada detikOto, Agustus lalu.

Yamaha FZ1 telah diproduksi oleh Yamaha sejak 2001. Namun, pada tahun 2015 produksi dihentikan. Sebaliknya, Yamaha mengeluarkan motor telanjang dengan mesin 1.000 cc, Yamaha MT-10 atau di Amerika dijual dengan nama Yamaha FZ-10. Namun, Yamaha belum meluncurkan MT-10 di Indonesia. (kering / lth)