Konsumen baru lebih kritis dan rasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kesuksesan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pemasaran Xpander di wilayah perairan tentu saja menimbulkan tantangan tersendiri. Terutama layanan purnajual yang harus segera dipenuhi dengan baik.

Jumlah konsumen baru kendaraan MPV kecil dalam dua tahun terakhir telah menjadi tantangan karena mereka tidak pernah menggunakan kendaraan Mitsubishi. Oleh karena itu, sebagai pengguna baru, mereka perlu mendapatkan layanan yang tepat agar kepuasan terjamin. "Mereka pasti sensitif dan rasional," kata Arlan Marzuki, Head of After Sales dan CS Operation Group PT MMKSI, Rabu (24/10).

Pihaknya menghadapi tantangan dengan membuka sejumlah dealer baru di area tersebut, melatih 1700 mekanik baru dan memperbaiki fasilitas lainnya. "Lokakarya harus dekat dengan konsumen, serta untuk memenangkan persaingan karena konsumen sekarang lebih rasional," katanya.

Selain laris manis di pasar, keseriusan dua tahun terakhir telah terbayar dengan memenangkan penghargaan peringkat tertinggi dalam Indeks Layanan Pelanggan Pasar Massa Indonesia (CSI) 2018 yang dirilis oleh JD Power.

Upacara penghargaan ini disampaikan oleh Kaustav Roy sebagai Direktur Regional, JD Power Automotive Practice dan diterima oleh Naoya Nakamura sebagai Presiden Direktur PT MMKSI di kantor PT MMKSI Pulomas pada 24 Oktober 2018.

MMKSI mencapai skor tertinggi untuk layanan purna jual di Indonesia dalam studi yang dilakukan oleh JD Power kepada 2.827 responden pemilik kendaraan yang melakukan pembelian pada periode Maret 2015 hingga Juli 2017 dan kendaraan yang dilayani di dealer pada periode Maret 2017 hingga Juli 2018. Sebelumnya , Mitsubishi mencapai prestasi ini pada tahun 2011, 2012 dan 2014.

Mitsubishi Motors peringkat tertinggi di antara merek otomotif lainnya, dengan skor 817 poin. Ada lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan saat memperbaiki kendaraan di dealer.

Yakni Kualitas Layanan (24 persen), Inisiasi Layanan (20 persen), Pengambilan Kembali Kendaraan Servis (19 persen), Penasihat Layanan (19 persen) dan fasilitas layanan (18 persen). Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi

Aktivitas Obsesi Pelanggan adalah salah satu fokus utama PT. MMKSI tidak terbatas pada produk berkualitas dan tenaga penjualan yang andal, tetapi mencakup layanan purna jual yang sangat baik.

Konsumen harus mendapatkan pengalaman terbaik dalam seluruh proses kepemilikan kendaraan Mitsubishi, mulai dari Penjualan, Layanan, dan Suku Cadang. "Kami mempersembahkan penghargaan ini kepada semua konsumen dan memotivasi kami untuk terus memberikan pengalaman terbaik dalam produk dan layanan Mitsubishi bagi konsumen di Indonesia," kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

Untuk membawa Mitsubishi lebih dekat ke pelanggan untuk memberikan layanan terbaik, MMKSI telah memperluas jaringan dealer khusus dealer Mitsubishi, dengan total 122 dealer di seluruh Indonesia.