Jakarta –

Mobil Esemka beberapa waktu lalu sempat populer sebagai mobil buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, Jawa Tengah. Baru-baru ini mobil ini diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil ini pada September 2019.

Presiden Jokowi memang memiliki "kedekatan emosional" dengan mobil Esemka. Saat masih menjabat sebagai Walikota Solo pada 2012 lalu, Jokowi menggunakan mobil Esemka Rajawali sebagai kendaraan dinas. Dikutip dari situsnya, produksi mobil Esemka saat ini sedang berpindah ke lini industri sehingga bisa berkembang secara maksimal.

Meski begitu, publik tetap penasaran dengan bentuk, harga, spesifikasi, hingga cara pemesanan mobil Esemka tersebut. Sebagai mobil yang pernah viral, sensasi mengendarai mobil Esemka bisa menjadi cerita tersendiri.

Buat yang mau pesan mobil esemka sebenarnya sangat mudah, tinggal klik situs mobil esemka di link https://esemkaindonesia.co.id/. Selanjutnya pelanggan dapat mengisi data diri yang dibutuhkan pada kolom yang disediakan oleh situs web seluler Esemka. Langkah-langkah pemesanan mobil Esemka berikutnya sesuai dengan petunjuk dari situs.

Dalam website tersebut dijelaskan bahwa saat ini PT Solo Manufaktur Kreasi memiliki izin untuk memproduksi 8 jenis mobil Esemka. Jenis mobil yang tergolong kendaraan ringan adalah Esemka Bima 1.0 M / T, Esemka Bima 1.2 M / T, Esemka Bima 1.3 M / T, Esemka Bima 1.3 LM / T, Esemka Bima 1.8 DM / T, Esemka Digdaya 2.0 M / T, Esemka Garuda 2.0 (4×4) M / T, dan Esemka Borneo 2.7 D.

Meski begitu, ketika di klik di situs mobil Esemka https://esemkaindonesia.co.id/ hanya terdapat dua jenis produk mobil. Keduanya adalah Bima 1.2 dan Bima 1.3, yang informasi lebih lanjutnya dapat ditemukan dengan mengklik menu Produk. Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3 merupakan truk ringan yang memiliki area kargo yang besar dan kabin yang luas.

Mobil Esemka Bima diluncurkan sebagai kendaraan niaga pada September 2019 dengan harga kurang dari Rp150 juta. Presiden Joko Widodo pernah menjelaskan bahwa harga off-road mobil Esemka Bima kurang dari Rp. 100 juta.

Beberapa orang dikatakan memiliki dan menikmati mengendarai mobil Esemka Bima. Mereka adalah TNI Angkatan Udara, Pemerintah Kota Semarang, dan Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan.

Tonton Video "Pameran Otomotif Klasik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(baris / sobat)