Selain memastikan kendaraan, pengendara motor disarankan untuk selalu menggunakan pelindung saat mengemudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memasuki fase kehidupan di era normal baru, pengguna sepeda motor harus dapat membiasakan diri dengan implementasi protokol kesehatan yang telah direkomendasikan oleh pemerintah. AHM Safety Riding Manager Johannes Lucky menjelaskan sejumlah cara aman untuk mengendarai sepeda motor di era normal baru.

Sebelum mengemudi, pastikan untuk memeriksa suhu tubuh Anda untuk memastikan bahwa tubuh Anda bugar dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, Anda tidak boleh pindah ke luar rumah.

Selain itu, periksa kondisi sepeda motor, terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Periksa kondisi ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu masih berfungsi dengan baik.

"Selain memeriksa kondisi sepeda motor, siapkan perlengkapan naik sesuai standar mengemudi seperti helm, sarung tangan dan jaket mengemudi. Para pengendara sepeda motor harus membawa masker cadangan untuk mengantisipasi jika masker kotor atau basah saat mengemudi, sehingga ketika Anda tiba di tujuan Anda, Anda dapat terus menggunakan topeng Anda dengan cara yang sehat dan sehat. nyaman, "kata Johannes dalam pernyataan resminya, Kamis (18/6).

Di era normal baru, pengendara motor disarankan untuk tidak menggunakan helm secara bergantian. Pengemudi disarankan untuk selalu menggunakan pelindung saat mengemudi untuk mencegah benda asing masuk dan mencegah menggosok mata saat bepergian.

Sarung tangan yang digunakan harus menutupi semua bagian tangan (penutup penuh). Jika Anda hanya memiliki satu sarung tangan, selalu gunakan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

"Cobalah mengemudi, tetap mencari aman, jaga jarak Anda dari pengemudi lain, dan hanya berkendara dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama di satu rumah," kata Lucky.

Keselamatan pertama saat mengemudi, selalu mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain. Hindari mengemudi melintasi area yang merupakan pusat pandemi atau diidentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari rute alternatif lain.

sumber: Antara