Salah satu kode yang lebih umum yang biasanya saya lihat pada Toyota Camry 2.2L 4-silinder 1997-2001 adalah P0401. Ini adalah kode yang menunjukkan bahwa ada masalah dengan Sistem EGR, bukan masalah katup EGR itu sendiri. Saya mendengar cerita orang menarik kode ini dan mengganti Valve EGR tanpa melakukan pengujian apa pun karena mereka tidak tahu apa yang harus diuji. Mereka menghabiskan uang yang tidak perlu dan masih belum memperbaiki masalah.

Ada tiga bagian yang umumnya akan membuat kode ini muncul di mobil Anda. Ya EGR Valve adalah salah satunya, tetapi Anda juga memiliki EGR VSV, dan EGR Modulator. Bagian pemeriksaan pertama adalah memeriksa fungsi Katup EGR dengan menarik vakum di atasnya dengan pompa vakum. Anda bisa mendapatkan pompa vakum di dan menyimpan suku cadang mobil untuk sekitar $ 20 dan bahkan menyewa satu di beberapa toko.

Hubungkan pompa ke satu-satunya port vakum pada katup EGR Anda. Akan ada selang kecil yang terpasang, Anda harus memutuskan dan memasang pompa Anda ke port yang sama. Dengan mesin yang menyala saat Anda seharusnya dapat memompa pompa vakum untuk menciptakan vakum pada katup EGR. Diafragma di dalam EGR Valve harus menaikkan dan menyebabkan mobil mati. Jika mobil Anda mati maka EGR Valve Anda dan portnya baik-baik saja. Jika mobil Anda tersandung atau tidak ada perubahan dalam cara berjalan ketika Anda menarik vakum maka Anda mungkin memiliki EGR Valve yang buruk atau port yang tersumbat dalam asupan Anda.

Jika Anda berpikir Anda memiliki katup yang buruk maka Anda harus melepaskannya dari mesin dan mengujinya dengan pompa vakum yang sama. Anda harus bisa melihat diafragma di dalam gerakan katup ketika Anda sedang menggunakan vakum. Jika diafragma bergerak maka Anda mungkin memiliki port yang tersumbat dalam asupan Anda dan mungkin perlu dibersihkan. Jika tidak bergerak maka Anda harus mengganti Katup EGR.

Namun, jika Camry Anda berhenti berjalan ketika Anda menerapkan vakum pertama itu maka Anda harus mulai mencari ke VSV EGR. Saya tahu VS apa? Ini adalah solenoid biru kecil yang terletak di belakang blok mesin. Ini akan memiliki beberapa selang vakum, dan steker kecil yang terpasang semua ditahan di sana dengan satu 10-mm baut. Hapus VSV dan tes dengan menerapkan kekuatan dan tanah dari baterai mobil Anda (VSV tidak harus dicolokkan ke harness saat pengujian.) Jika Anda mendengar VSV klik ketika Anda menerapkan daya maka Anda harus mengganti EGR Modulator.

EGR Modulator terletak di sebelah kanan Valve EGR di atas asupan Anda. Ini akan memiliki beberapa selang vakum yang datang dari itu dan meluncur ke dalam dudukan. Modulator EGR dapat dibeli relatif murah di dealer Anda. Tidak ada pengujian yang mudah untuk modulator. Jika Anda mengganti modulator dan masih memiliki masalah dan lampu kembali menyala, Anda harus mengganti EGR VSV yang juga dikenal sebagai Katup Sakelar Vakum. Kadang-kadang VSV dapat memiliki istirahat internal dan masih klik ketika Anda meletakkan daya dan tanah ke terminal, tetapi masih buruk.

Jadi Anda bisa membuang-buang uang Anda hanya dengan melemparkan katup. Ingat satu-satunya cara untuk memperbaiki sesuatu yang benar adalah dengan mengetahui prosedur pengujian yang tepat sehingga Anda dapat memperbaiki dengan benar.