Bauran Pemasaran mencakup alat-alat dasar yang digunakan oleh pemasar untuk menjual barang dan jasa kepada pelanggan sasaran. Mereka adalah sebagai berikut: Produk, Harga, Tempat, dan Promosi.

Produk (Baik atau Layanan) – itu adalah bundel manfaat yang dikirimkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Strategi pemosisian produk telah menjadi lebih disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan manfaat yang dirasakan. Pendekatan lama mirip dengan film "Field of Dreams" – membangunnya dan mereka akan datang. Tidak lagi. Anda harus menentukan apa kebutuhan pelanggan Anda dan merancang produk yang akan memenuhi kebutuhan tersebut.

Harga (Nilai)pada dasarnya adalah jumlah pelanggan yang bersedia menyerah untuk mendapatkan produk atau layanan yang diinginkan. Di pasar saat ini, strategi penetapan harga Anda akan masuk dalam salah satu kategori berikut: harga harian rendah, nilai kualitas harga, dan nilai tambah. Wal-Mart adalah contoh sempurna dari harga murah sehari-hari – mereka memberi tahu Anda itu. Mercedes Benz adalah contoh bagus dari strategi harga harga kualitas-nilai. Ada pendekatan bahwa Anda akan membayar lebih sedikit, tetapi Anda mendapatkan produk yang lebih baik. Sekarang hari, pada dasarnya semua orang menggunakan beberapa bentuk nilai tambah untuk membantu membedakan produk yang ada. Ini bukan lagi sebuah pilihan, tetapi suatu keharusan. Contohnya mencakup: 24 jam dukungan hot line, 60 hari setelah perjanjian layanan jual, klausul trade-in, opsi pembayaran memanjang, tanpa bunga, dll, dll …

Tempat (Lokasi) – saluran dan / atau lokasi yang digunakan penjual untuk menjangkau pembeli mereka. Apakah Anda ingat frase pemasaran "lama" – lokasi, lokasi, lokasi? Agaknya masih berlaku. Anda hanya perlu mengganti lokasi dengan lalu lintas – lalu lintas, lalu lintas, lalu lintas. Anda harus mendapatkan produk atau layanan Anda di depan pelanggan Anda. Kemungkinan besar basis pelanggan Anda terdiri dari pemirsa global; oleh karena itu, tugas ini dibuat lebih kompleks. Anda benar-benar harus mengembangkan strategi penempatan yang berfokus pada teknologi abad ke-21 agar berhasil bersaing di pasar saat ini.

Promosi (Komunikasi Pemasaran) – semua alat yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda: iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat. Dengan munculnya peluang multimedia yang canggih, pemasar telah memperluas kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan audiens target mereka. Untungnya, teknologi telah meratakan lapangan bermain. Siapa pun dengan koneksi internet dapat biaya efektif menjangkau khalayak global. Kuncinya adalah untuk mengalokasikan dolar promosi kepada pelanggan potensial Anda – hanya. Berapa biaya Anda untuk mendapatkan pelanggan yang ditargetkan?

Terlepas dari model bisnis pilihan Anda, keberhasilan atau kegagalan Anda akan tergantung pada seberapa baik Anda mengintegrasikan "4 P" ke dalam taktik harian Anda dan strategi jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here