Mengapa beberapa produk melambung ke popularitas sementara yang lain sepertinya tidak pernah lepas landas? Pemahaman yang jelas tentang berbagai tahap siklus hidup produk dapat menguntungkan bisnis yang akan memperkenalkan inovasi atau memulai usaha bisnis.

Sebuah produk umumnya mengalami empat tahap utama ketika muncul dari papan gambar, ke tahap produksi, dan ke konsumen akhir. Ini adalah tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan tahap kemunduran.

Tahap pengantar adalah ketika produk pertama kali dibawa ke pasar. Beberapa produk membutuhkan waktu beberapa saat untuk mendapatkan penerimaan konsumen, sementara yang lain langsung populer. Jika kurva belajar untuk suatu produk rendah, penerimaan konsumen mungkin cepat. Meskipun demikian, menciptakan buzz atau strategi pemasaran masih sangat penting.

Ketika barang jadi (atau jasa) diperkenalkan ke pasar, perusahaan, lebih sering daripada tidak, perlu mengeluarkan uang untuk menciptakan kesadaran publik untuk itu. Namun, sekarang ini, pengenalan produk, terutama pada bagian pengusaha kecil, tidak perlu semahal dulu, terutama dengan munculnya media sosial. Tahap perkenalan adalah yang paling memakan waktu di antara empat tahap siklus hidup produk utama.

Bahkan sebelum produk diperkenalkan, pemasar harus melakukan riset dan segmentasi pasar yang luas. Ini memerlukan penilaian kekuatan dan kelemahan produk, dan bagaimana hal itu dapat dibedakan dari persaingan.

Tahap pertumbuhan adalah waktu ketika produk telah menarik perhatian konsumen. Sering kali, perusahaan mempertahankan belanja iklan / publisitas, atau menggunakan saluran pemasaran yang paling murah, seperti internet. Meningkatkan strategi rantai pasok juga dapat mempercepat penjualan.

Tahap kematangan adalah ketika produk mencapai kejenuhan pasar. Industri tertentu sangat dinamis dan kompetitif. Sebuah resor mewah dapat memenangkan pangsa pasar sekarang, tetapi mungkin ada pesaing tangguh yang dapat menyudutkan segmen pasar yang sama yang mungkin ditargetkan oleh resor.

Sering kali, perusahaan yang telah memiliki ukuran keberhasilan di rumah mungkin memutuskan untuk memperluas ke pasar internasional untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Akhirnya, ada tahap penurunan produk. Ini adalah yang paling tidak diinginkan di antara tahapan siklus hidup produk. Perusahaan dapat men-tweak produk atau mengeluarkannya dari pasar dan memperkenalkan yang lebih baik, atau mereka dapat menyesuaikan harga mereka.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan penurunan produk. Ambil contoh komputer Macintosh. Kembali di tahun 80-an, Macintosh mengambil dunia komputasi dan bisnis penerbitan oleh badai. Macintosh menawarkan banyak kemampuan menarik selama tahap perkenalan. Ketika mencapai tahap pertumbuhan dan kematangan, model Mac pertama mendatangkan pendapatan tinggi bagi perusahaan. Sayangnya, teknologi bisa menjadi usang. Perubahan kepemimpinan di perusahaan juga mempengaruhi operasi perusahaan dan penjualan produk.

Contoh lain dari inovasi yang telah mengalami semua empat tahap siklus hidup produk adalah kamera digital dan mobil (seperti Volkswagen dan Mini Cooper). Model awal membawa penjualan, tetapi teknologi modern dan selera konsumen yang berubah menyebabkan inovasi yang lebih baru dan lebih baik di pasar, mengurangi produk `lama '.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here