Penggemar mobil apa pun yang sepadan dengan garam mereka akan tahu merek Alfa Romeo, tetapi apakah Anda tahu bagaimana mereka menjadi salah satu produsen mobil paling penting di dunia? Didirikan 100 tahun yang lalu di Milan, merek Alfa Romeo baru-baru ini merayakan ulang tahun keseratus pada 24 Juni 2010. Semuanya dimulai pada tahun 1906 ketika perusahaan mobil Prancis Alexandre Darracq memutuskan untuk bergabung dengan para investor Italia dan menciptakan Societa Anonima Italiana Darraca (SAID) ), akar dari merek terkenal. Awalnya perusahaan berencana untuk memproduksi kendaraan mereka di Naples, tetapi situs itu diubah menjadi Milan dan sebuah pabrik didirikan di sana. Sebuah perusahaan baru dimulai sebagai cabang bisnis dan pabrikan menciptakan Anonima Lombarda Fabbrica Automobili, yang kemudian dikenal sebagai A.L.F.A. 24 HP adalah terobosan pertama ke pasar, yang dirancang oleh Giuseppe Merosi.

Dengan Perang Dunia I menggambar sumber daya di tempat lain, pabrik ALFA diserahkan ke penghentian produksi selama tiga tahun, memulai kembali pada tahun 1919. Pengusaha dan insinyur Italia Nicola Romeo menjadi direktur baru pada tahun 1915 dan mengawasi upaya perang, memproduksi amunisi di tempat kendaraan bermotor . Ketika produksi mobil dimulai sekali lagi, Romeo mengubah nama perusahaan menjadi Alfa Romeo dan merilis model pertama di bawah merek baru ini: Torpedo 20-30. Perusahaan mobil memasuki masa keemasan, memproduksi mobil balap kelas tinggi serta kendaraan jalan konsumen. Namun, pada 1928 Nicola meninggalkan perusahaan dan Alfa berjuang untuk mempertahankan posisinya.

Pada tahun 1932, dengan bantuan pemerintah, merek Alfa Romeo berhasil diselamatkan dan mereka mengendalikan arah perusahaan. Di bawah pemerintahan Mussolini, Alfa Romeo menjadi pabrikan mobil nasional tetapi dalam Perang Dunia II pabrik itu dilanda oleh pengebom. Produksi mobil mewah sebelumnya berubah menjadi produksi massal model-model populer. Namun setelah perang, Alfa Romeo berhasil mempertahankan posisi terdepan sebagai kendaraan terdepan di Grand Prix. Pada tahun 1960-an ia mengembangkan GTA (Gran Turismo Allegerita) yang memenangkan kejuaraan Trans-Am Sports Car Club of America. Meskipun jatuh ke dalam perjuangan keuangan lebih lanjut di tahun 1970-an, Grup Fiat menciptakan sebuah perusahaan baru untuk mengelola produksi Alfa Romeo di bawah Alfa Lancia Industriale SpA Sejak Februari 2007 perusahaan telah menjadi bagian dari kelompok ini, tetapi bagian dari kelompok Fiat sejak 1986 .

Alfa telah lama menjadi model mobil yang dihormati Alfa Romeos disewakan dan dibeli di seluruh dunia dan perusahaan terus berdiri untuk kualitas, keanggunan dan gairah.