Jangan Lihat Kembali, D.A. Film dokumenter Pennebaker difilmkan selama tur konser Bob Dylan, berbalik lima puluh tahun ini. Untuk menghormati kesempatan itu, saluran film kabel menayangkan film minggu lalu saat jam tayang utama.

Sementara film tentu saja terfokus pada Dylan, beberapa artis lain juga menerima kredit untuk peran kunci di dalamnya. Donovan Leitch, yang oleh pers telah dijuluki sebagai Dylan versi Inggris, membuat penampilan menjelang akhir film.

Lama kolega Dylan, Joan Baez, sedikit di layar, duduk di samping Dylan di bus selama hampir seluruh tur. Tidak seperti Donovan, bagaimanapun, Baez tidak melakukan salah satu lagunya sendiri selama Jangan Lihat Kembali.

Artis yang hampir terlihat seperti bintang itu sendiri adalah Bob Neuwirth, yang tampaknya menghabiskan seluruh film di sisi Dylan. Neuwirth, pria besar di balik kacamata matahari, berbagi lelucon dengan Dylan sambil sering menyalakan rokok Bob.

Selain tugas-tugas dan film pada umumnya, Neuwirth telah menikmati karir hiburan yang hampir tanpa disadari. Album 99 Monkeys-nya yang sangat bagus dari tahun 1990 saja seharusnya membuatnya menjadi nama rumah tangga, sebuah piringan yang disorot oleh balada Kota New York yang disebut "Kota Perbatasan Terbesar Di Dunia."

Selain catatan itu, ada detail lain yang menjadikan Bob Neuwirth sebagai bagian integral dari sejarah musik.

Dia memperkenalkan penulis lagu Kris Kristofferson untuk penyanyi Janis Joplin di akhir tahun 60-an, dan dalam waktu singkat Janis membuat "Me and Bobby McGee" milik Kristofferson sebagai hit besar. Setelah itu, Neuwirth ikut menulis lagu Joplin lainnya, "Mercedes Benz."

Jutaan orang telah melihat sampul Bob Dylan Jalan Raya 61 album, di mana Dylan ditampilkan di tengah foto. Di sampingnya orang dapat melihat setengah bagian bawah orang lain, yang kebetulan adalah Bob Neuwirth.

Neuwirth juga memiliki banyak pengaruh pada gerakan punk rock pada akhir abad tujuh puluhan, bahkan bekerja dengan salah satu perintis wanita pada era itu. Dia bersama-sama menulis dengan Patti Smith lagu "Just Like You", yang telah menjadi favorit di antara para penggemarnya.

Pada tahun 1986 ia bekerja dengan perintis punk lain, Elvis Costello. Kedua veteran ini turut menulis lagu "It's Not Too Late", yang muncul di album Costello Raja Amerika.

Bukti lebih lanjut dari fleksibilitas musik Neuwirth datang pada tahun 1996, ketika dia bekerja dengan mantan anggota Beludru Bawah Tanah John Cale. Keduanya bekerja sama untuk merekam Hari Terakhir Di Bumi, sebuah album yang berkembang karena kolaborasi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here