Tersirat dalam kampanye pemasaran terkait-penyebab yang sukses adalah gagasan afinitas. Tanpa afinitas, tidak ada kampanye pemasaran terkait-penyebab yang cenderung melambung

Pikirkanlah, jika anak-anak dengan kanker tidak mempengaruhi Anda secara emosional, intelektual atau lainnya, maka Anda jauh lebih mungkin mendukung kampanye pemasaran penyebab apa pun atas nama Rumah Sakit Penelitian St. Jude Children.

Dan itu harus menjadi afinitas yang tepat. Saya mungkin suka American Idol dan Randy Jackson, tetapi jika saya tidak punya kucing maka dukungannya baru-baru ini di iklan 9Lives tidak mungkin meyakinkan saya untuk membeli sekantong makanan kucing kering.

Jadi pertimbangkan kasus mailer, diterima di rumah saya sekitar bulan Oktober 2004 dari grup pemasaran kooperatif untuk Toyota Service Centers di pasar saya. Saya mendapatkan salah satu mailer ini sebulan sekali. Yang ini mengiklankan layanan pelumas, minyak, dan filter yang menampilkan komponen Toyota asli.

Dalam ledakan merah di sisi kiri adalah tawaran penyebab-pemasaran. Beli layanan ini seharga $ 25,95, dan Toyota Service Center akan memberikan donasi $ 2 untuk program pelatihan otomotif Universitas Weber, yang ditunjukkan oleh mailer, dipengaruhi secara negatif oleh pemotongan anggaran.

Teks ledakan itu memperjelas bahwa Pusat Layanan Toyota lokal memiliki beberapa skin di dalam game.

"Weber State University melatih teknisi kami untuk tetap mengikuti sistem yang semakin kompleks di kendaraan Toyota canggih Anda."

Tapi saya tidak punya kulit di game ini. Sementara saya mengagumi Universitas Negeri Weber, saya bukan alumnus, juga bukan anggota keluarga dekat. Kampus Weber State berjarak sekitar 50 mil, jadi saya tidak memiliki kedekatan khusus berdasarkan kedekatan. Selain itu, pelatihan teknisi otomotif, meskipun penting, menurut saya adalah program yang seharusnya didanai oleh Toyota, dealer, dan pusat layanannya.

Dengan kata lain, saya tidak memiliki hubungan dengan sekolah atau program pelatihan otomotifnya. Ergo, donasi $ 2 tidak mewakili insentif khusus bagi saya.

Siapa yang mungkin memiliki ketertarikan? Itu yang sulit. Tentu saja lulusan program pelatihan otomotif Weber State, tetapi hampir secara definisi orang-orang itu semua mengganti oli mereka sendiri. Bagaimana dengan mahasiswa, lulusan, vendor, donor, staf pengajar, atau staf Weber State lainnya?

Mereka memang memiliki ketertarikan untuk sekolah, tetapi apakah itu meluas ke afinitas khusus untuk program pelatihan otomotif? Sulit untuk mengatakan tanpa mensurvei kelompok-kelompok itu.

Singkatnya, Pusat Servis Toyota di pasar lokal saya menggunakan taktik pemasaran terkait-penyebab pada banyak orang (termasuk saya) yang tidak memiliki afinitas alami untuk 'penyebab'.

Saya tidak tahu apa hasil dari kampanye itu, tetapi saya tahu bahwa dalam 2½ tahun sejak saya menerima ini, saya belum melihat tawaran lain seperti ini dari Pusat Layanan Toyota lokal saya.

Saya yakin taruhannya tidak benar-benar terbayar.