Pembunuh diam dari transmisi otomatis atau gearbox adalah pencampuran air atau pendingin dengan cairan transmisi otomatis (ATF). Masalah ini biasanya terlihat pada kendaraan yang lebih tua dengan sistem pendingin mesin yang diabaikan, tetapi menjadi umum di model mobil dan truk yang mengikuti jadwal perawatan mereka. Hasilnya selalu sama: transmisi harus benar-benar dirombak atau diganti.

Dapatkah Cairan Terkontaminasi Dibersihkan Sebelum Kerusakan Terjadi?

Hampir setiap transmisi otomatis di jalan hari ini menggunakan pelat kertas berbasis selulosa yang disebut cengkeraman atau gesekan. Kopling ini berfungsi seperti rem untuk memindahkan dan menghentikan komponen yang berbeda di dalam gearbox. Ketika shifter ditempatkan ke drive atau mundur, itu adalah friksi yang sedang diterapkan.

Kertas yang melapisi pelat kopling adalah bahan yang sangat halus yang menempel pada tulang punggung baja. Sebelum kertas dilekatkan ke piring, ia memiliki kekuatan dan konsistensi dari graham cracker. Setelah bahan terikat, itu menjadi jauh lebih kuat dan dapat bertahan sangat lama dalam kondisi operasi normal.

Bahan kopling adalah Higroskopis. Ini berarti ketika cengkeraman terkena kelembaban, bahan kertas akan menggantikan ATF untuk air. Kelembaban itu mencapai pelat baja yang menyebabkan karat, dan memecah lem yang mengikat kertas ke piring. Sebuah studi yang dilakukan oleh International Lubricants Inc tentang efek air yang terpapar pada transmisi otomatis menyatakan, "Pengujian menunjukkan bahwa air yang ditambahkan pada level serendah 600 mg / kg bermigrasi ke permukaan gesekan kertas yang tidak diobati dan berkontribusi pada hilangnya kertas. lapisan dan properti transfer torsi tidak menentu. " Dalam istilah orang awam, itu berarti kurang dari satu sendok makan air atau cairan mesin dalam transmisi dapat menyebabkan kegagalan.

Bagaimana Air Ada di Sana?

Ada tiga cara air dapat memasuki transmisi:

  1. Melalui radiator mesin. Dari tahun 1950-an hingga sekarang, gearbox yang paling otomatis didinginkan dengan sistem berbasis air yang sama yang menjaga mesin dari overheating. Ada tangki terpisah di radiator untuk cairan transmisi yang memungkinkan pendingin mengambil panas dari ATF tanpa mencampur dua cairan. Ketika terjadi kebocoran antara ATF dan tangki pendingin engine di radiator, cairan akan bercampur satu sama lain. Itu lebih umum pada kendaraan yang lebih tua yang telah mengikis sistem pendingin karena kelalaian, tetapi beberapa kendaraan baru saat ini menggunakan bahan yang gagal karena masalah tekanan dalam sistem pendingin.
  2. Paparan ke air yang dalam. Mengemudi melalui genangan air besar selama badai hujan atau mengemudi di jalan dapat mengekspos sistem pernapasan transmisi ke kelembaban. Kesempatan terbaik untuk mencegah kegagalan adalah dengan periksa air di ATF setelah kendaraan berada di skenario jenis ini.
  3. Kelembaban masuk melalui dipstick. Kebanyakan kendaraan memiliki dipstick tempat ATF dicek dan ditambahkan. Kelembaban dapat dengan mudah masuk ke transmisi jika dipstik disemprotkan dengan air selama pembersihan mesin, atau dalam beberapa kasus, air mengalir dari hujan atau tetesan carwash ke dipstick. GM dan Chrysler memiliki buletin yang berkaitan dengan masalah ini pada beberapa model kendaraan mereka. Toko-toko berkualitas akan memiliki akses untuk memeriksa jenis-jenis buletin ini. Tanda tandai dari masalah ini adalah kelembaban atau karat di sekitar tabung dipstick.

Ganti atau Rebuild?

Itu tergantung pada berapa banyak air yang dicampur dengan cairan transmisi, berapa lama kendaraan didorong dengan ATF yang terkontaminasi, dan jenis gearbox yang dimiliki kendaraan Anda. Bagian logam dan elektronik di dalam transmisi akan cepat berkorosi ketika terkena kelembaban. Jika ada terlalu banyak kerusakan di dalam gearbox, biaya suku cadang untuk membangun kembali trans akan melebihi biaya penggantian unit dengan produk remanufaktur. Beberapa pabrikan seperti Nissan dan Chevy memiliki komputer di dalam gearbox yang akan gagal ketika terkena kelembaban. Komputer-komputer ini atau mechtronics harganya sebanyak $ 2.000 dan itu tidak termasuk membangun kembali sisa unit. Ketika suku cadang sangat mahal, seringkali keputusan yang lebih baik untuk mengganti gearbox sepenuhnya.

Untuk merangkum semuanya, jika air masuk transmisi, tidak ada cara untuk memperbaiki perbaikan yang mahal. Flushing cairan keluar hanya akan dikenakan biaya uang tambahan dan dapat membuat kegagalan yang tak terelakkan terjadi lebih cepat. Servis sistem pendinginan engine secara teratur dan minta montir transmisi profesional jika mobil Anda umum untuk jenis kegagalan ini. Jika ya, lewati radiator dengan pendingin oli eksternal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here