Apa itu Sistem Produksi Toyota (TPS)?

Sistem produksi Toyota adalah sistem produktif yang efisien yang diterima di seluruh dunia oleh banyak bisnis dan secara umum terbukti menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan laba dan menyeimbangkan produksi serta sirkulasi uang. Sistem produksi Toyota adalah cara sederhana untuk membuat segala sesuatunya cepat, cepat, dan produktif. Hal ini terkenal karena efisiensi dan konsep just-in-time yang menghasilkan proses pengelolaan produk yang berkelanjutan dan rencana pertahanan diri yang baik untuk bisnis, bukan untuk menjaga jumlah produk yang cacat dalam penyimpanan. TPS terkenal dengan proses manajemen produktifnya yang menyatu dalam pasangan, Jidoka dan konsep Just-in-Time, di mana sejumlah produk tertentu diproduksi untuk mencegah sejumlah besar stok yang tidak diperlukan. Baik konsep Jidoka dan Just-in-Time secara luas digunakan dalam bisnis di seluruh dunia dan dijamin menjadi dua cara terbaik untuk mengelola proses produksi dan menjaga stabilitas dalam bisnis secara efisien.

Asal-usulnya

Bentuk namanya, 'Toyota' adalah perusahaan dari negeri matahari terbit, Jepang. Jepang memang negara paling teknologi di dunia yang penuh dengan teknologi dan beragam ritual dan pertunjukan budaya yang mengayunkan dunia dengan alamnya yang indah serta pengelolaan bisnis dan proses produktivitasnya yang bijaksana. Dikembangkan oleh Taichii Ohno, TPS atau Sistem Produksi Toyota berfungsi secara efisien dan dibagikan secara global ke semua bisnis. Banyak filsuf Jepang pada waktu itu yang mengeluarkan gagasan tentang mengelola proses dan produktivitas untuk meningkatkan bisnis dan meningkatkan efisiensi mereka melalui produk dan kualitas tinggi mereka. Eiji Toyoda memberi nilai dan kepentingan karyawan dan pekerja yang meningkatkan produktivitas dan bekerja sama dalam kantor, fakultas, dan perusahaan.

The Jidoka

The Jidoka adalah konsep sederhana visualisasi dan penentuan masalah. Ini memastikan bahwa semua mesin atau ibukota bekerja dengan baik tanpa masalah teknis. Jika ada masalah yang terdeteksi atau jika mesin tidak berfungsi, maka mesin akan secara otomatis berhenti setelah proses normal selesai. Jidoka umumnya merupakan konsep visualisasi pengujian kualitas yang akan memastikan bisnis kualitas produk mereka dan meminimalkan malfungsi dari modal, saham, serta hilangnya laba. Dengan konsep Jidoka, produk dengan kualitas tinggi akan diproduksi. Produk-produk berkualitas yang memuaskan ini akan diteruskan lebih lanjut ke proses selanjutnya. Jidoka dianggap sederhana dan teknologi karena beberapa pemasangan andons atau layar masalah-layar di berbagai bagian perusahaan yang akan menunjukkan masalah operator terdeteksi oleh sistem. Operator-operator ini dapat bekerja pada banyak bagian dari sistem produksi dan dapat memantau sejumlah mesin secara bersamaan dengan bantuan teknologi dan rencana yang dikembangkan dengan baik, konsep Jidoka. Konsep ini akan bermanfaat bagi keseluruhan sistem untuk meningkatkan produktivitas sementara peningkatan mengarah pada kapasitas pemrosesan yang lebih baik

Pro dan Kontra Jidoka

Kelebihan:

1. Menghilangkan limbah atau produk yang rusak atau tidak berfungsi

2. Ini memastikan kualitas produk

3. Memberikan keamanan bagi pekerja dan buruh

4. Terus berorientasi pada tujuan

5. Lebih banyak persentase untuk mencapai laba dan harapan yang ditetapkan

Cons:

1. Biaya alat teknologi tinggi

2. Target pasar spesifik

3. Menghasilkan produktivitas yang tidak stabil

4. Peraturan dan peraturan yang ketat

Tepat waktu

Just-in-Time adalah konsep cepat dan cepat di lini produksi yang memastikan keamanan bisnis dengan penghapusan limbah dan dengan hanya memproduksi apa yang dibutuhkan dengan menetapkan berapa banyak produk yang harus diproduksi dan kapan harus diproduksi yang akan mencakup cara-cara untuk simpan produk dengan aman. Konsep Just-in-Time terutama digunakan dalam bisnis motor atau kendaraan yang sangat berkaitan dengan produksi kendaraan dan rencana transportasi yang mencakup periode waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pesanan dan cara kendaraan diangkut.

Bagaimana Just-in-Time bekerja

1. Setelah pesanan ditempatkan, harus dikirim secepat mungkin ke lini produksi pertama.

2. Jalur perakitan atau mereka yang bertanggung jawab atas bagian-bagian kendaraan seperti roda, warna, dan kursi harus memiliki semua bagian yang dilengkapi dengan baik dan siap dibuat agar berfungsi secara otomatis sesegera mungkin setelah pesanan ditempatkan.

3. Jumlah atau jumlah bagian harus sama untuk jalur perakitan maupun proses produksi bagian.

4. Kelompok proses sebelumnya harus memiliki jumlah cadangan dari semua bagian kendaraan dan harus memiliki setidaknya jumlah yang diambil oleh operator bisnis.

Dengan mengikuti 5 langkah sederhana dalam proses produksi atau jalur, penghapusan limbah dan inkonsistensi akan memastikan ekspektasi laba serta persyaratan standar bisnis. Salah satu konsep dalam sistem Just-in-Time adalah sistem Kanban. Sistem Kanban menggunakan ide manajemen dan produktivitas supermarket. Sistem Kanban menggunakan kode, nomor seri, dan nama untuk membuat semua bagian dari proses produksi menjadi mudah dan fleksibel. Ini akan membantu meningkatkan struktur proses produksi serta menjaga proses di saluran. Ide penyimpanan supermarket menyediakan sejumlah produk yang dibutuhkan dalam kaitannya dengan permintaan di pasar dan sehingga nyaman bagi pelanggan karena produk dalam stok hanya hanya dalam jumlah terbatas.

Pro dan Kontra Konsep Just-in-Time

Kelebihan:

1. Dana yang disimpan dan diikat dalam persediaan dapat digunakan nanti dalam proses lain

2. Respon cepat kepada pelanggan

3. Kualitas produk terjamin

4. Tingkat cacat berkurang

5. Potensi hasil yang lebih besar

Cons:

1. Mahal dan mahal untuk diperkenalkan

2. Tidak cukup produk dalam persediaan

3. Tidak cukup waktu untuk menyelesaikan pesanan / overhaul produktivitas

4. Peraturan dan peraturan yang ketat

Ringkasan

Toyota Production System atau TPS memang merupakan cara yang efisien untuk memastikan kualitas produk dan memastikan produk diproduksi dengan cepat dan cepat. TPS memungkinkan produktivitas tinggi dan peningkatan permintaan akan produk. Komponen produk tertentu dapat dipesan sesuai; sejumlah besar stok tidak disimpan dan limbah dihilangkan secara efektif untuk mencapai tujuan perusahaan yang ditetapkan dan berorientasi serta mencapai persyaratan standar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here