Selama bertahun-tahun saya benar-benar berpikir bahwa supercharger dan turbocharger atau turbo adalah hal yang sama. Hanya nama yang berbeda dari produsen mobil yang berbeda, bukan? Sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar.

Turbocharger sebenarnya adalah bentuk supercharger. Ini adalah kompresor gas yang digunakan untuk induksi paksa pada mesin pembakaran internet (mesin mobil misalnya). Tujuan dari turbo adalah untuk menciptakan lebih banyak kekuatan dengan meningkatkan densitas udara yang masuk ke mesin. Turbocharger memiliki kompresor yang digerakkan oleh turbin yang digerakkan oleh knalpot mesin. Ini berbeda dengan supercharger yang didukung oleh drive mekanis.

Turbocharging sangat umum pada mesin diesel karena mereka sangat cocok untuk turbocharging. Kekuatan khusus mesin dan rasio daya terhadap berat dapat secara dramatis ditingkatkan dengan turbocharging. Tanpa ini, statistik itu buruk dalam mesin diesel non-turbocharged.

Turbocharger digunakan dalam mesin bensin mobil berkinerja tinggi dan mesin diesel dalam transportasi. Mobil kecil benar-benar mendapat manfaat dari turbo karena tidak ada banyak ruang untuk memasang mesin besar. Beberapa produsen mobil telah memproduksi mobil turbocharged selama bertahun-tahun seperti Volvo, Saab, Audi, Volkswagen, dan Subaru. Chrysler dan Buick mengembangkan mesin turbocharged di tahun 70-an dan 80-an.

Supercharger adalah kompresor udara yang digunakan untuk induksi paksa mesin pembakaran internal. Superchargers secara mekanis didukung oleh belt, roda gigi, poros atau rantai yang terhubung ke poros mesin. Superchargers didukung oleh turbin gas buang adalah turbocharger. Supercharger meningkatkan output daya mesin dengan menyediakan lebih banyak oksigen untuk mendukung pembakaran. Mobil supercharged pertama diperkenalkan pada tahun 1921 oleh Mercedes. Superchargers banyak digunakan oleh mobil balap dan produksi, yaitu mobil yang mahal dan berkinerja tinggi.

Ada tiga jenis supercharger yang berbeda dalam penggunaan otomotif: turbocharger sentrifugal yang digerakkan dari gas buang, supercharger sentrifugal yang digerakkan oleh mesin melalui drive belt dan pompa perpindahan positif. Superchargers perpindahan positif, dalam banyak aplikasi, kurang efisien daripada turbocharger tetapi untuk dragster dan kendaraan yang digunakan dalam kompetisi traktor menarik supercharger ini sangat umum untuk respon dan kekuatan mesin mereka.

Ekonomi dan tenaga mesin turbocharged lebih baik daripada dengan supercharger. Namun keunggulan utama dari supercharger yang digerakkan secara mekanis adalah respons throttle yang lebih baik dan kemampuan untuk mencapai tekanan dorongan penuh secara instan.

Untuk kedua supercharger dan turbocharger, dan bagian penting dari desain adalah untuk menjaga udara yang masuk ke mesin dingin. Kompresi udara meningkatkan suhunya sehingga biasanya digunakan intercooler untuk mengurangi suhu udara antara pompa dan mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here