Berbagai rakitan, soket, dan aksesori berkualitas tinggi sangat penting untuk berbagai pekerjaan, mulai dari pekerjaan kompleks hingga pemeliharaan ringan. Mereka datang dalam beberapa ukuran yang berbeda dengan kepala kunci pas untuk mencocokkan ukuran baut individu. Berikut beberapa hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli set soket:

Ukuran soket

Ukuran soket yang berbeda cenderung termasuk SAE, metrik dan Whitworth. SAE (soket berukuran standar) memiliki ukuran dalam inci, yang praktis bagi para mekanik yang bekerja pada model kendaraan yang lebih tua. Alat-alat metrik diperlukan untuk bekerja pada kendaraan domestik dan impor terbaru dengan ukuran dalam milimeter.

Sebuah garasi harus diisi agar sesuai dengan jenis kendaraan yang diservis. Namun, kombinasi SAE dan metrik adalah opsi paling praktis untuk memastikan alat tersedia untuk pekerjaan yang paling luas.

Jenis ketiga adalah soket Whitworth yang hanya mungkin untuk fitur pada kendaraan Inggris seperti Jaguar klasik atau MG.

Ukuran drive

Soket SAE dan metrik tersedia dalam berbagai ukuran, termasuk ½ inci, 3/8 inci, dan ¼ inci. Rentang ukuran dimaksudkan untuk bekerja dengan ratchet yang berbeda dan bahkan mungkin memerlukan unit ekstensi untuk berfungsi. Bagi mereka yang terbatas untuk membeli satu ukuran drive, yang terbaik adalah menggunakan drive 3/8-inci karena ini memiliki kemampuan untuk bekerja dengan soket yang paling banyak.

Soket drive ¼ inci adalah pilihan yang lebih disukai untuk menggapai baut atau mur di ruang yang sempit, sedangkan soket drive ½ inci yang besar praktis untuk pengencang terbesar dan memiliki kemampuan untuk menerima lebih banyak torsi. Soket jenis ini mungkin memerlukan batang pemutus atau ratchet untuk mengencangkan atau melonggarkan sepenuhnya.

Poin

Bentuk soket dapat berkisar dari bintang berujung 12 hingga segi enam enam titik. Soket enam titik adalah opsi yang lebih andal karena dindingnya lebih bisa duduk menyiram ke sisi-sisi mur. Mereka lebih praktis untuk aplikasi yang membutuhkan torsi yang serius atau bergantung pada perangkat keras besar. Namun, soket 12-titik adalah yang paling mudah digunakan karena jauh lebih mudah untuk mendapatkan posisi dan antrean, dan opsi yang berguna untuk pekerjaan yang lebih ringan.

Baja paduan

Kekuatan dan daya tahan soket dapat bervariasi secara signifikan. Salah satu pilihan yang paling tahan lama adalah baja paduan yang panas ditempa dengan beberapa bahan lainnya. Sangat penting untuk memiliki bahan yang dapat diandalkan yang memiliki kemampuan untuk memberikan layanan jangka panjang dan berdiri untuk pekerjaan yang paling sulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here