Pertama-tama, harus dijelaskan bahwa karat tidak berasal dari cat. Karat adalah zat yang terbentuk ketika senyawa besi berkorosi di hadapan oksigen dan air. Ini adalah campuran oksida besi dan hidroksida. Asam kemudian dibentuk oleh pencampuran kotoran dan debu dengan reaksi kimia yang disebabkan oleh kelembapan dan asam ini menggerogoti baja dan besi, sehingga menciptakan karat. Karat adalah istilah umum untuk korosi atau oksidasi, dan biasanya mengacu pada korosi baja. Untuk mencegah karat, besi atau baja harus dicat sesegera mungkin. Ini harus dilakukan dengan menghilangkan gemuk dari permukaan, kemudian menerapkan primer logam dan akhirnya cat gloss atau yang dirancang untuk baja atau besi.

Cat yang digunakan dalam mobil dapat berbasis akrilik atau berbasis uretan. Cat uretra telah mendapatkan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir karena ketangguhan permukaan dan ketahanannya terhadap banyak bahan kimia umum. Cat akrilik, ketika ditumpahkan oleh minyak rem misalnya, cenderung meluap, menghancurkan hasil akhirnya. Ini adalah kejadian yang cukup umum terjadi pada orang yang tidak berpengalaman yang bekerja pada rem dan / atau sistem kopling hidraulik dan menumpahkan cairan rem di kompartemen engine. Tetapi sebelum mengaplikasikan cat ke permukaan logam mobil, sangat penting untuk memastikan bahwa permukaan logam bebas dari minyak, lemak atau uap air. Produsen mobil telah menghabiskan puluhan juta pengembangan sistem pelapisan logam dan teknologi untuk kendaraan mereka dan ini telah memanifestasikan dirinya dalam cara mobil baru yang kurang rentan terhadap karat. Beberapa sistem pabrik menempatkan muatan listrik yang berlawanan dalam cangkang logam kendaraan dan tong utama sehingga ketika sasis dicelupkan ke dalam tong, bahkan celah yang tidak dapat dicapai dengan semprotan akan dilapisi dengan primer. Mazda dilaporkan telah mengembangkan sistem cat yang menggunakan metode pemanggangan dan pengeringan satu langkah, di mana tiga lapisan pelapis diterapkan berturut-turut, yang berarti lapisan primer, lapisan dasar, dan lapisan yang jelas saat masih basah.

Semua toko cat yang layak saat ini memiliki suhu cat dan bilik-bilik cat yang dikontrol partikel dan profesional cat memastikan bahwa permukaan logam telanjang dari mobil yang akan dicat benar-benar bersih sebelum primer diletakkan pada logam. Primer ini kemudian dibiarkan kering sebelum lapisan cat pertama disemprotkan. Langkah terakhir untuk mengecat mobil adalah menyemprotkan pada clearcoat untuk melindungi cat itu sendiri. Seperti yang kami katakan sebelumnya, cat uretan lebih disukai saat ini karena cangkang plastik keras yang menyelubungi mobil ketika kering. Pelukis berpengalaman tahu bahwa warna gelap, lebih rentan untuk menyelesaikan kegagalan karena warna-warna ini menjadi jauh lebih panas saat berada di bawah sinar matahari. Cat mengembang dan kontrak lebih banyak pada mobil gelap daripada yang berwarna lebih terang. Seiring waktu, siklus pemanasan dan pendinginan dapat menyebabkan lapisan yang jelas, lapisan warna, dan serpihan primer dari atap, tutup bagasi, dan tudung mobil, meninggalkan logam yang terkena kelembaban yang akan memulai proses pengaratan. Banyak karat terjadi dari dalam ke luar, namun, khususnya di sumur-sumur pintu, titik-titik pemasangan bemper dan wheelwells di mana jalan semprot terus-menerus membombardir mobil.

Banyak orang merekomendasikan waxing mobil secara teratur, khususnya selama musim dingin, untuk melindungi mobil dari semprotan jalan dan garam. Selain itu, goresan harus dirawat, meskipun hanya lapisan tipis cat kuku bening. Goresan dalam akan berubah menjadi bintik-bintik karat jika tidak ditangani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here