Di mana nama itu Jip berasal dari? Bukan dari perancang dan pembangun asli, Perusahaan Mobil Bantam. Bukan Willys, pabrikan terkenal Willys MB, antara. Ford tidak memilih nama saat pembuatan GPW, dan Militer AS tidak pernah menyebutkan istilah itu juga. Sejujurnya, tidak ada yang tahu pasti bagaimana nama "Jeep" muncul, tetapi satu benang yang umum adalah bahwa semua teori berhubungan dengan semacam adopsi populasi umum dari istilah tersebut.

Ada sejumlah teori tentang asal mula nama tersebut. Ada laporan bahwa istilah "Jeep" digunakan di Oklahoma pada 1930-an untuk menggambarkan truk khusus yang digunakan dalam pengeboran minyak, dan begitulah istilah itu kemudian digunakan oleh orang-orang dari daerah tersebut dalam menggambarkan MB Willys.

Yang lain percaya bahwa nama itu berasal dari singkatan gaul istilah G.P., yang merupakan akronim yang berdiri untuk kendaraan General Purpose. Masalah dengan teori ini adalah bahwa istilah Tujuan Umum dilaporkan digunakan untuk menggambarkan kendaraan pengintai seperempat ton Angkatan Darat AS, dan bukan Willys. Selanjutnya, MB Willys ditunjuk untuk tugas-tugas tertentu dan tidak disebut dalam lingkaran Angkatan Darat sebagai kendaraan Tujuan Umum.

Sepanjang garis yang sama berlaku teori bahwa nama itu adalah kata ganti vokal satu vokal untuk deskripsi Ford tentang kendaraan (the Ford GPW sekarang biasa disebut sebagai Willys GPW), yang disebut sebagai GP. G adalah singkatan dari penggunaan pemerintah dan P mengacu pada ukuran dasar rodanya sebesar 80 inci. Ketika Ford mulai membuat kendaraan ini beberapa orang mungkin merasa sulit untuk menyebutnya sebagai Willys karena itu benar-benar diproduksi oleh Ford.

Penjelasan lain tentang nama itu bahwa itu didasarkan pada karakter dari komik Popeye pada tahun 1930-an yang dikenal sebagai Eugene si Jeep. Pria kecil ini berasal dari dimensi lain dan diberkati dengan kemampuan untuk pergi ke mana saja dan melakukan apa saja. Dia melewati dinding, memanjat pohon besar, terbang, menghilang, dll. Tidak ada tempat di mana pun Eugene Jeep tidak bisa pergi. Menurut teori, tentara AS sangat terkesan dengan penampilan Willys di mana saja yang mereka mulai menyebutnya Jeep setelah karakter.

Kita mungkin tidak akan pernah tahu jawaban bagaimana nama Jeep dimulai, tapi mungkin itu hal yang baik karena menambah daya tarik mistis ikon Amerika ini. Apa yang kita tahu pasti adalah bahwa lebih dari 70 tahun kemudian Jeep, belum lagi beberapa Willys, masih kuat!

Ada banyak situs web fantastis yang menawarkan jajaran besar suku cadang Jeep termasuk suku cadang untuk MB Willys dan Ford GPW hari ini seperti http://www.xtremeterrain.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here