Semakin banyak pilihan yang dimiliki, semakin banyak yang bingung. Ini lebih dalam kasus mobil. Ada beberapa pilihan dalam bentuk merek, model dan sebagainya dalam kasus kendaraan roda dua, yang membuat pembelian sepeda motor agak rumit. Sejauh menyangkut sepeda, studi komparatif dari opsi yang tersedia adalah salah satu alat terbaik untuk membidik pada pilihan yang paling optimal.

Berikut ini adalah analisis komparatif dua sepeda paling populer di India – Bajaj Pulsar dan Honda CB Trigger. Bajaj Pulsar adalah kendaraan ikonik dalam arti model ini, yang membuat sepeda olahraga dapat diakses oleh rata-rata pecinta sepeda India. Honda CB Trigger, di sisi lain, hadir dengan efisiensi dan kinerja Honda yang terbukti. Kedua sepeda adalah penjual teratas dalam kategori 150 cc dan karenanya, memilih di antara keduanya bukanlah tugas yang mudah. Parameter penting tertentu seperti harga, tenaga mesin, jarak tempuh dan spesifikasi lainnya dipertimbangkan di sini untuk analisis yang seimbang.

Harga – Harga Bajaj Pulsar 150 DTSi mulai dari INR 67145 / – (bekas showroom). Di sisi lain, Honda CB dapat diperoleh untuk harga ex-showroom sekitar INR 65633 / -. Pergi dengan faktor harga saja, sepeda Honda adalah pilihan yang lebih baik daripada sepeda Bajaj, karena yang pertama sedikit lebih murah daripada yang terakhir.

Spesifikasi Mesin – Bajaj Pulsar didukung oleh mesin 149.0 cc, 4-Stroke, DTSi, berpendingin udara, yang menghasilkan tenaga maksimum 14,09 bhp @ 8500 rpm dan torsi atas 12,76 Nm @ 8500 rpm. Sebagai alternatif, Honda CB Trigger memperoleh kekuatannya dari mesin 149,1 cc, berpendingin udara, 4-Stroke, SI, yang menghasilkan tenaga maksimum 14 bhp @ 8500 rpm dan torsi tertinggi 12,5 Nm @ 6500 rpm. Pulsar menawarkan kecepatan tertinggi 118 km / jam dan CB Trigger, 110 km / jam.

Jarak tempuh – Pulsar mengembalikan jarak tempuh sekitar 50 hingga 55 kmpl dan CB Trigger menawarkan jarak tempuh sekitar 60 kmpl. Jelas, sepeda Honda memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik di antara keduanya. Namun, Bajaj Pulsar memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang lebih baik yaitu 15 liter, jika dibandingkan dengan 12 liter yang ditawarkan oleh CB Trigger.

Spesifikasi Lain – Kedua sepeda dilengkapi dengan lima roda gigi (1 ke bawah 4 pola ke atas), opsi start tendangan dan elektrik, suspensi depan teleskopik, rem cakram di depan, dan seterusnya. Namun, CB Trigger dilengkapi dengan ban tubeless dan rem cakram untuk bagian belakang juga.

Untuk menyimpulkan, sejauh spesifikasi mesin yang bersangkutan, Bajaj Pulsar memiliki keunggulan atas CB. Namun, skor Trigger pada parameter lain.