Pasti ada beberapa pertanyaan mendesak di pikiran Anda dan untuk alasan ini, kami telah menyusun panduan pembeli yang komprehensif yang berfokus pada keamanan, keterjangkauan, pemeliharaan, dan kepraktisan ketika memilih mobil yang ideal.

Pertama mari kita lihat keuntungan dan kerugian membeli mobil baru atau bekas.

Keuntungan membeli mobil baru

  • Biasanya Anda akan mendapatkan paket garansi yang komprehensif.

  • Tidak ada kerusakan akibat keausan, kerusakan mekanis atau tubuh.

  • Dealer dapat menawarkan pembiayaan dengan suku bunga yang lebih rendah.

  • Anda dapat menawarkan opsi dan fitur tambahan.

Kekurangan membeli mobil baru

  • Harga pembelian biasanya jauh lebih tinggi.

  • Nilai sangat terdepresiasi saat Anda mengendarainya dari lantai.

  • Pembaruan atau fitur baru dapat segera diterapkan setelah pembelian.

  • Biaya asuransi, pajak, dan registrasi lebih tinggi.

Keuntungan membeli mobil bekas

  • Harga pembelian lebih rendah secara keseluruhan dan bisa lebih rendah jika Anda membeli secara pribadi.

  • Mobil bekas terus terdepresiasi, tetapi biasanya paling banyak selama dua hingga tiga tahun pertama.

  • Anda dapat menjualnya dengan harga yang hampir sama dengan yang Anda beli karena jika dipelihara dengan baik.

  • Tingkat asuransi cenderung lebih rendah.

Kekurangan membeli mobil bekas

  • Mungkin tidak dapat diandalkan seperti mobil baru kecuali Anda membeli kendaraan pra-dimiliki yang bersertifikat.

  • Suku bunga bisa lebih tinggi saat pembiayaan.

  • Terbatas atau tanpa jaminan.

  • Biaya pemeliharaan lebih tinggi.

  • Anda tidak dapat memesan mobil terlebih dahulu dengan fitur pilihan Anda.

Inilah yang harus Anda ketahui saat membeli mobil pertama Anda

1. Mengajukan permohonan untuk Keuangan

Setelah Anda menyelesaikan semua pekerjaan rumah Anda di mobil yang Anda inginkan dan Anda tahu Anda mampu membelinya, mengajukan permohonan untuk mendapatkan pembiayaan itu mudah. Kunjungi dealer tempat perwakilan Keuangan dan Asuransi (F & I) akan dapat memberi Anda saran, menjelaskan segala sesuatu tentang permohonan pinjaman dan membantu mendorong roda.

2. Tidak ada pertanyaan yang konyol

Dealer memiliki perwakilan F & I mereka sendiri yang terdaftar dengan National Credit Regulator yang akan memandu Anda melalui seluruh proses pembelian. Ketika Anda pergi ke dealer untuk menutup kesepakatan pada mobil pertama Anda, jangan malu untuk bertanya jika Anda tidak mengerti apa-apa. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk melakukannya sebelum menandatangani garis putus-putus.

Sesederhana mungkin untuk pergi dengan mobil baru Anda, bersabarlah dan jangan terburu-buru dalam prosesnya. Berikut ini artikel menarik lainnya dengan beberapa kiat membeli mobil pertama Anda.

3. Ketahuilah anggaran Anda

Tidak dapat disangkal bahwa pembayaran mobil lebih dari sekadar pembayaran bulanan. Anda harus jujur ​​kepada diri sendiri tentang apa yang benar-benar Anda mampu. Ingat untuk memasukkan biaya asuransi, bahan bakar, dan biaya operasional ke anggaran Anda. Jika Anda benar-benar tidak mampu membayar biaya bahan bakar atau pemeliharaan untuk 4×4 besar, pertimbangkan sesuatu yang lebih hemat bahan bakar dan terjangkau. Pilihan bagus yang saat ini ada di pasaran adalah Datsun GO yang gagah dan gutsy Renault Kwid.

4. Lupakan utang

Hidup terlalu singkat untuk khawatir tentang utang yang tidak perlu. Jika Anda tidak mampu membeli mobil yang mahal, bersabarlah dan hindari pembayaran balon jika memungkinkan. Jika Anda mampu, pilihlah jangka waktu sesingkat mungkin untuk pinjaman bahkan jika itu berarti pembayaran Anda sedikit lebih tinggi. Semakin cepat Anda membayar mobil, semakin cepat Anda bebas utang.

5. Asuransi tidak bisa ditawar

Sebelum mengambil jalan di mobil baru Anda, Anda perlu menghasilkan bukti asuransi. Jika Anda memiliki penutup yang sudah ada sebelumnya, cukup sediakan dokumen Anda kepada mereka dan jika dealer mengatur asuransi untuk Anda, mereka sudah memilikinya dalam arsip.

Anda diminta untuk memelihara asuransi yang komprehensif di mobil selama jangka waktu perjanjian keuangan. Ini tidak hanya melindungi Anda dan keuangan Anda, tetapi juga memberi Anda ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda dilindungi. Asuransi Anda akan membayar nilai asuransi dari mobil jika terjadi sesuatu yang berarti Anda tidak perlu melanjutkan pembayaran pada mobil yang tidak Anda miliki lagi.

Pertimbangkan ini ketika berburu mobil di Afrika Selatan:

1. Apakah harganya terjangkau?

Penganggaran penting bagi banyak orang Afrika Selatan karena tidak semua orang mampu membayar harga saat ini untuk mobil baru, bahkan bukan yang 'entry level' atau 'anggaran'. Pasar mobil bekas menyediakan banyak opsi bagus tetapi Anda harus melakukan riset menyeluruh sebelum membeli apa pun.

2. Seberapa baik itu dipertahankan?

Perawatan sama pentingnya dengan keterjangkauan jika tidak lebih karena Anda selalu dapat merencanakan dan mengelola pembayaran bulanan Anda, tetapi tidak begitu banyak masalah pemeliharaan yang tak terduga.

Lebih sering daripada tidak, mobil bekas tidak akan lagi memiliki rencana layanan yang berarti pemilik mobil harus membayar semua perbaikan dan layanan dari kantong. Jika memungkinkan, pilih mobil dengan sejarah layanan lengkap (FSH) dan jaringan dealer nasional yang kuat. Pastikan Anda dapat membeli perbaikan atau servis di luar garansi dari ban dan guncangan baru untuk masalah mesin atau transmisi.

3. Apa tingkat keamanannya?

Melihat kembali sejarah, untuk waktu yang lama, hanya mobil paling mahal yang memiliki fitur keselamatan tambahan. Saat ini airbag, ABS, EBD, impact bars dan crumple zones lebih umum. Mempertimbangkan meningkatnya jumlah korban jiwa di jalan Afrika Selatan selama beberapa tahun terakhir, fitur keselamatan ini menjadi lebih penting daripada kemewahan.

Ingatlah untuk memeriksa hal berikut saat membeli mobil pertama Anda:

  • Kondisi semua sabuk pengaman – kekuatan, intensitas, dan resistensi.

  • Pastikan bahwa ada sejumlah besar injakan pada semua ban dan jangan lupa roda cadangan. Dalam beberapa kasus, Anda dapat meminta dealer atau penjual untuk mencocokkan ban baru jika perlu.

  • Uji hooter dan semua lampu di luar dan di dalam mobil.

  • Pastikan kit peralatan kendaraan sudah selesai dan periksa apakah jack mobil sudah berfungsi.

  • Mintalah laporan riwayat kecelakaan mobil. Beberapa dealer mungkin tidak mengatakan ini kecuali Anda bertanya.

  • Teliti rating keamanan NCAP kendaraan.

4. Apakah itu praktis?

Temukan mobil yang terjangkau yang cocok dan praktis untuk Anda atau anak Anda. Periksa apakah bagasi cukup besar untuk menyimpan beberapa koper dan tas selama akhir pekan. Mobil dua pintu mungkin tampak seperti ide yang bagus tetapi tidak praktis. Mengisi dan membongkar penumpang tidak mudah, bootnya kecil dan tidak banyak kaki dan ruang kepala.

Pertimbangkan apa mobil itu terutama akan digunakan untuk dan memilih yang sesuai. Apakah hanya akan digunakan untuk dan dari perguruan tinggi atau universitas atau bagaimana dengan perjalanan lintas negara? Mungkin anak Anda sedang belajar teknik, konstruksi atau subjek di mana mereka cenderung membutuhkan sesuatu yang lebih tahan lama dan mampu membawa beban berat di beberapa titik.

Sangat penting untuk tidak hanya membeli mobil pertama yang Anda lihat karena Anda mungkin terjebak dengannya selama bertahun-tahun. Jadilah pintar, sabar dan nikmati perjalanan!