Sejak pembuatan mobil mulai menggunakan radiator dengan tangki plastik, mitos tentang radiator mulai terbang. Artikel ini menghilangkan beberapa mitos yang lebih populer yang beredar di Internet dengan menyediakan fakta-fakta.

Mitos 1: Memperlambat atau Lambat Mesin Anda saat Panas

Ini saran yang buruk. Pendinginan mesin adalah kombinasi untuk aliran pendingin dan aliran udara melintasi radiator. Terkadang hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan kecepatan kendaraan atau putaran mesin untuk menyediakan lebih banyak aliran pendingin, lebih banyak aliran udara atau keduanya.

Saya ingat pada perjalanan satu pantai ke pantai yang melewati Arizona dalam suhu 120+ derajat. Porsche 944 Turbo saya mengalami masa yang sulit tetap dingin pada 65 MPH jadi saya meningkatkan kecepatan hingga 80 dan turun ke suhu operasi normal.

Trik lain yang dapat Anda gunakan jika kendaraan Anda terlalu panas adalah menyalakan pemanas. Ini berfungsi karena pemanas pada dasarnya adalah koil pendingin yang membuang panas dari mesin di dalam kabin kendaraan. Jika panas di luar Anda akan merasa tidak nyaman, tetapi Anda akan menghemat mesin.

Mitos 2: Serangga Akan Merusak Radiator Anda

Meskipun ini mungkin benar, keadaannya harus sangat ekstrim. Kita sedang berbicara mengemudi melalui segerombolan belalang dengan kecepatan tinggi yang ekstrim. Tidak mungkin.

Inilah faktanya. Di daerah di mana populasi serangga berat, radiator mobil, truk, atau SUV Anda akan mengumpulkan sisa-sisa serangga. Gulungan pendingin panas akan dengan cepat mengeringkan bug yang tersisa sampai satu-satunya yang tersisa adalah sayap dan eksoskeleton. Aliran air yang baik dan kaku akan dengan mudah membasuh sisa-sisanya.

Selama Anda menjaga kebersihan mobil, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah bug.

Mitos 3: Drip Coolant Kecil Bukan Masalah Besar

Sedikit glikol di lantai garasi mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi memang demikian. Pertama-tama adalah bertentangan dengan undang-undang negara bagian dan federal untuk membuang glikol dan zat berbahaya lainnya ke dalam air permukaan. Ketika Anda memarkir mobil Anda di jalan itulah yang akan Anda lakukan. Air hujan mencuci pendingin ke saluran badai, yang kemudian dibuang ke permukaan air.

Glikol sangat beracun. Ini memiliki rasa manis yang anjing dan anak kecil temukan tak tertahankan. Jadi membiarkannya keluar dari mobil Anda – dengan satu atau lain cara – adalah resep untuk bencana.

Selain bahaya kesehatan dan lingkungan, cepat atau lambat kebocoran radiator mobil akan berakhir dengan kegagalan sistem pendingin. Jika kebocorannya ada di radiator itu sendiri, akhirnya akan melebar terbuka lebar dan membuang semua pendingin. Jika itu adalah selang, selangnya akan meledak dan gagal. Jika itu segel Anda akan memperkenalkan udara ke dalam sistem yang dapat menyebabkan kunci uap mencegah pendinginan yang tepat. Dengan kata lain, segala macam hal buruk dapat terjadi yang akan membebani Anda lebih banyak waktu dan uang daripada memperbaiki masalah ketika itu kecil.

Mitos 4: Semua Produk Anti-Beku Cukup Banyak Sama

Saya berharap mitos ini benar, tetapi ternyata tidak. Bahkan, beberapa produsen mobil, seperti Porsche, akan membatalkan garansi mobil jika Anda tidak menggunakan cairan yang ditentukan. Pastikan untuk memeriksa panduan pemilik kendaraan Anda sebelum Anda menuangkan produk lama ke dalam sistem pendingin. Seperti minyak Anda, ini adalah cairan vital dan perlu spesifikasi yang benar.

Mitos 5: Semua Radiator Aluminium adalah yang Terbaik

Saya kira jika Anda sedang membangun kendaraan kinerja yang sangat tinggi atau mobil balap ini akan menjadi kenyataan. Aluminium sangat ringan dan mengurangi berat badan adalah hal yang penting ketika tujuan Anda berjalan cepat. Konon, aluminium bukanlah konduktor panas terbaik. Tembaga, misalnya, jauh lebih baik.

Faktanya adalah bahwa produsen mobil mempertimbangkan banyak faktor, termasuk berat, ukuran, kualitas disipasi panas, biaya dan daya tahan. Jika Anda mengganti unit yang rusak maka taruhan terbaik Anda akan selalu menjadi peralatan asli (OE) atau spesifikasi OE. Jika Anda sedang membangun kendaraan berkinerja tinggi, radiator khusus harus dipertimbangkan.