Generasi pertama MINI Cooper S, yang dibangun antara 2001 dan 2006, ditenagai oleh supercharger. Supercharger di awal Cooper S menyediakan lebih banyak oksigen ke motor dan, akibatnya, lebih banyak bahan bakar. Peningkatan distribusi oksigen dan bahan bakar ke motor Cooper S menghasilkan output daya yang lebih tinggi. Namun, masih ada daya yang lebih kuat karena bagian aftermarket MINI seperti puli supercharger yang berukuran lebih kecil.

Biasanya, pulley aftermarket datang dalam tiga gaya yang berbeda – 15%, 17% dan 19%. Apa artinya persentase ini? Mereka hanya mengacu pada perbedaan ukuran antara pulley aftermarket dan stock. Misalnya, pulley 15% lebih kecil 15% dari yang ada di MINI. Semakin kecil katrol, semakin kecil sabuknya; dan semakin kecil ikat pinggang, semakin cepat turbin dalam putaran supercharger. Ketika turbin berputar lebih cepat, lebih banyak oksigen yang dipasok ke motor dan motor menghasilkan output daya yang lebih tinggi. Berapa jumlah ini? Lebih banyak torsi dan tenaga kuda.

Pada R53 MINI Cooper S, diharapkan dapat memperoleh keuntungan sekitar 15 HP setelah memasang pulley 15%. (Ingat, persentase katrol tidak sesuai dengan perolehan HP – ini hanya kebetulan.) Dengan 17% mengharapkan dorongan 20 HP dan, dengan 19%, peningkatan 25 HP. Semua keuntungan HP bervariasi berdasarkan kondisi MINI dan bagian kinerja yang ditambahkan sebelumnya.

Ketika mempertimbangkan biaya katrol aftermarket – $ 100 hingga $ 150 – dan jumlah HP ekstra yang didapat, ini adalah salah satu peningkatan biaya yang paling efektif dalam aftermarket R53 MINI. Bagian-bagian performa MINI seperti intercooler besar dan knalpot berharga sekitar satu grand dan tidak menawarkan HP boost yang dilakukan oleh kinerja pulleys. Pada intinya, Anda mendapatkan tambahan 15-25 HP dengan katrol dua pon dan perolehan HP yang lebih rendah dengan berbagai bagian kinerja yang lebih berat dan lebih mahal. Inilah sebabnya mengapa banyak penggemar cepat membuat instalasi pulley aftermarket upgrade MINI pertama mereka.

Tapi katrol mana yang harus Anda beli? 15%, 17% atau 19%?

Dengan melihat keuntungan HP yang dihasilkan oleh setiap pulley, tampaknya terbaik untuk pergi dengan 19% untuk mendapatkan HP tertinggi. Katrol 19%, bagaimanapun, bukanlah yang paling praktis. 19% memberikan dorongan paling banyak, tetapi juga memberikan sebagian besar keausan ke internal kendaraan. 19% baik untuk balap sirkuit pendek atau uji coba waktu sementara 15% baik untuk ketahanan, ras panjang dan mengidam daya sehari-hari. Menempatkan ini ke dalam perspektif, 17% adalah kompromi antara keduanya. Ini memberikan peningkatan HP lebih dari 15%, tetapi menyebabkan internal untuk memakai sedikit lebih cepat. Secara keseluruhan, 15% adalah puli yang paling direkomendasikan untuk driver sehari-hari dari R53 MINI Cooper S yang mencari kekuatan substansial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here