Menginstal solusi yang dioptimalkan modul seperti SolarEdge dapat sedikit membingungkan untuk pertama kalinya, ketika semua pengalaman Anda sebelumnya telah menggunakan inverter string tradisional. Ini juga bisa menjadi pengalaman yang membebaskan bagi installer PV. Dengan instalasi SolarEdge banyak langkah desain tradisional dapat sepenuhnya dihilangkan, memberikan installer fleksibilitas yang tak tertandingi ketika menyelesaikan instalasi. Sistem SolarEdge memiliki fitur yang banyak installer baru untuk teknologi belum sepenuhnya menyadari, sehingga untuk membantu mengisi celah ini adalah panduan kasar untuk perbedaan yang akan Anda hadapi ketika menginstal sistem PV SolarEdge pertama Anda.

Dapatkan online

Kami sangat menyarankan Anda untuk selalu menghubungkan sistem Anda ke internet. Ini bukan langkah penting agar sistem berfungsi dan pelanggan Anda masih akan mendapatkan semua manfaat ketahanan naungan dari sistem, namun jika akses internet tersedia, buatlah terhubung. Menjadi online memberi Anda dan pelanggan Anda akses ke portal pemantauan SolarEdge gratis, memungkinkan Anda untuk memantau sistem lengkap sampai ke level modul. Jika sesuatu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, SolarEdge juga akan dapat memecahkan masalah sistem dari jarak jauh, dukungan vital, terutama untuk beberapa pemasangan pertama Anda. Sambungan dibuat menggunakan kabel Ethernet standar dari inverter ke router atau koneksi perumah tangga dapat dibuat secara nirkabel menggunakan opsi Zigbee. Banyak installer juga menggunakan Netgear Ethernet untuk koneksi melalui colokan saluran listrik; Meskipun sistem ini biasanya bekerja dengan baik, ingatlah bahwa ini bukanlah solusi yang didukung oleh SolarEdge.

Memilih pengoptimal yang benar

Kebanyakan modul solar PV PV 60-sel standar bekerja dengan OP250 250W Grid Optimizer. Namun, modul daya yang lebih tinggi seperti LG NeoN yang akan datang atau modul film tipis seperti Solar Frontier memerlukan pengoptimal yang berbeda. Pemasang dapat mencampur dan mencocokkan pengoptimal berbeda pada suatu sistem, bahkan pada string yang sama, yang berarti misalnya Anda dapat memiliki string 2 x Hyundai 250s, 2 x LG NeoN 300, 2 x Solar Frontier 155s, 2 x Kyocera 190s dan 2 x UpSolar 245s – ideal untuk menyusun rig pengujian di kantor Anda.

Tidak ada tegangan string maksimum

Anda tidak perlu khawatir tentang tegangan string maksimum dan desain string tradisional. Terlepas dari panel modul yang digunakan, Anda selalu memiliki kondisi yang sama. Untuk sistem fase tunggal, Anda harus memiliki minimum 8 dan maksimum 25 pengoptimal per string, atau arus maksimum 15A per string. Untuk sistem tiga fase, Anda memerlukan minimal 15 dan maksimum 50 pengoptimal per string, atau lagi maksimal 15A per string. Anda tidak perlu meletakkan modul pada berbagai atap ke string yang berbeda, misalnya Anda dapat memiliki 16 modul sistem dengan 6 panel di atap timur, 5 di selatan dan 5 di atap barat, semua pada string yang sama. Berhati-hatilah dalam membuat kesalahan (misalnya pada sistem timur-barat 14 panel) menempatkan 7 modul pada setiap string karena ini akan membawa Anda di bawah minimum 8 yang diperlukan.

Lebih baik untuk semua 14 panel berada pada string yang sama. Untuk 16 panel timur-barat Anda memiliki pilihan, tergantung pada apa yang lebih nyaman.

Enam pengoptimal harus bekerja agar sistem berfungsi. Oleh karena itu, desain harus berarti bahwa Anda harus selalu memiliki setidaknya 6 modul dalam sinar matahari yang cukup bahwa mereka menghasilkan sesuatu, sehingga dalam sistem 8 modul misalnya, tidak lebih dari 2 modul dapat sepenuhnya berbayang.

Komunikasi antara pengoptimal dan inverter adalah melalui saluran listrik DC. Oleh karena itu tidak perlu memasang kabel komunikasi tambahan yang berarti tidak ada risiko gangguan nirkabel.

Memposisikan pengoptimal

Pasang semua pengoptimal pada posisinya di rel pemasangan sebelum menempatkan dan menghubungkan modul PV. Pengoptimal dapat dihubungkan ke rel standar Alpha kami menggunakan Kit Koneksi Rail to Roof Hook standar seolah-olah itu adalah penjepit modul bersama dengan mesin pencuci tambahan. Setelah dikonfigurasi, perhatikan posisi pengoptimal pada tata letak. Pengoptimal memiliki stiker yang dapat Anda lepaskan dan menempel pada lembar tata letak. Ada juga aplikasi iPhone yang dapat memindai kode batang dan mencatat posisinya. Unduh Aplikasi SolarEdge di sini. Tata letak kemudian dapat dikirim ke SolarEdge, yang mengunggahnya ke portal pemantauan mereka memungkinkan Anda untuk melihat melihat modul sistem Anda di posisi yang benar.

Uji tegangan string sebelum menghubungkan inverter

Ketika pengoptimal tidak terhubung ke inverter, mereka menghasilkan tegangan 'aman' 1 V untuk keamanan kebakaran yang memungkinkan Anda menghitung berapa banyak pengoptimal yang bekerja. Misalnya jika Anda memiliki 12 string dan ada sinar matahari, maka Anda harus mengukur 12 V pada string. Jika ini tidak terjadi, maka mungkin ada kesalahan koneksi. Pengoptimal yang buruk tidak menghentikan sistem untuk bekerja. Kesalahan paling umum pada instalasi SolarEdge adalah koneksi buruk yang dibuat antara modul dan pengoptimal. Pengoptimal ini tidak akan berfungsi tetapi semua pengoptimal lainnya akan terus berfungsi, jadi periksa kembali tegangan string sesuai dengan jumlah pengoptimal Anda.

Selesaikan Inverter / Pengoptimal pasangan di siang hari

Pasangan tidak akan berlangsung dengan benar dalam gelap. Jika karena alasan tertentu pemasangannya terlambat, membuat pasangan dapat dilakukan dari jarak jauh, selama Anda telah menghubungkan inverter ke internet.

Gunakan router 3G

Jika salah satu instalasi Anda tidak memiliki koneksi internet, belilah router 3G untuk saat-saat ketika Anda harus memecahkan masalah situs tersebut. Sekarang ada router 3G seperti Zoom yang dapat terhubung ke internet melalui ponsel cerdas Anda, cara efektif biaya untuk memungkinkan akses remote SolarEdge ke situs-situs bermasalah yang mungkin Anda miliki.

Dukungan teknis

Tim teknis DulasMHH tersedia untuk membantu Anda dengan pertanyaan desain atau masalah di tempat yang mungkin Anda miliki, hubungi mereka di +44 (0) 1654 700777. Kami juga memiliki akses langsung ke garis dukungan teknis global SolarEdge, serta teknis staf pendukung di Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here