Hondata S300 adalah salah satu sistem tuning OBD1 Honda paling canggih yang tersedia di pasar. S300 memiliki kemampuan untuk mengoperasikan VTEC atau Non-VTEC D, B, F, atau H series Honda Engine, dan kemampuan kontrol peningkatannya yang canggih menjadikannya salah satu sistem penyetelan Honda yang paling serbaguna. Satu-satunya kekurangan pada Hondata S300 adalah tingkat kesulitan untuk menginstal. S300 lebih terlibat daripada sistem tuning "piggy-back" umum karena menginstal sebenarnya di dalam ECU tempat chip kinerja biasa akan dipasang. Kelemahan lain pada sistem adalah ketika membeli S300 Anda hanya membeli unit dan perangkat lunak Hondata. Terserah Anda untuk mengatur agar terinstal. Namun, dengan tutorial langkah demi langkah ini, Anda sekarang dapat berhasil memasang Hondata S300 ke dalam OBD1 ECU Anda sendiri!

Langkah pertama untuk sukses memasang adalah memastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan. Ini adalah proses yang agak terlibat, tetapi dengan peralatan dan komponen yang tepat harus berjalan lancar. The Hondata S300 (bagian nomor S300) dirancang untuk pasar AS (USDM) persegi panjang atau 'kasus besar' OBD1 Civic / Integra gaya ECU. Nomor bagian Hondata S300J dirancang untuk kotak JDM (pasar Jepang) persegi OBD1 Civic / Integra gaya ECU. Ini tidak dapat dipertukarkan, jadi pastikan Anda memiliki unit S300 yang tepat untuk ECU yang Anda gunakan. Panduan pemasangan ini hanya berlaku untuk varian USDM. Honda ECU yang diterima untuk digunakan dengan S300 adalah: P06, PR4, P28, P30, P61, P72, dan P75. Diasumsikan bahwa setiap ECU non-vtec hanya akan digunakan dalam aplikasi non-vtec. Jika Anda akan menggunakan P06, Pr4, atau P75 ECU, Anda juga harus melakukan konversi ECU non-vtec ke vtec dengan instalasi Hondata S300 untuk mengoperasikan mesin VTEC dengan benar.

Mari kita mulai. Buka tutup atas dan bawah dari ECU Anda dan atur keduanya. Di sisi ECU di mana colokan kawat harness Anda akan melihat sekrup kepala phillips kecil. Keluarkan sekrup ini dan retainer logam kecil yang ada di bagian dalam casing ECU dan sisihkan. Balikkan komputer Anda dan lepaskan semua sekrup yang menahan papan sirkuit ke casing ECU dan perhatikan bagaimana ini sedikit berbeda dari sekrup untuk penutup ECU. Dewan ECU sekarang akan dapat dihapus melalui bagian bawah casing ECU. Berhati-hatilah agar tidak merusak papan ECU atau konektornya jika dewan membutuhkan sedikit persuasi ekstra untuk bebas dari casing.

Setelah papan dihapus, kita bisa mulai dengan bagian yang menyenangkan. Dengan menggunakan alat pematrian atau kepangan pematrian, desolder pada 28 sambungan solder bertanda 27c256, 24 sambungan bertanda 74hc373, dan empat lubang pada ruang berlabel CN2. Anda akan melihat bagian CN2 di papan memiliki 5 lubang. Anda dapat meninggalkan sambungan solder yang terjauh dari konektor ECU yang diisi karena tidak akan digunakan. Pada kebanyakan papan akan ada dua sambungan solder berlabel R54. Ini akan membutuhkan pematrian juga. Jika ECU Anda tidak memiliki area berlabel R54 langsung di atas area 28 lubang yang ditandai 27C256, maka cukup abaikan langkah ini. Bersihkan semua area ECU yang Anda desoldered dengan flux untuk memastikan tidak ada solder yang tertinggal di papan atau di jalan lubang yang telah dilepas. Untuk mengaktifkan kemampuan datalogging dari Hondata S300, potong satu kaki resistor di lokasi berlabel j12. Untuk penampilan yang lebih bersih, Anda mungkin benar-benar desolder dan melepas resistor jika Anda mau.

Sekarang ke instalasi. Cara terbaik untuk memastikan solder lengkap pada sambungan adalah dengan menerapkan lapisan tipis fluks di sisi belakang sendi Anda yang sudah dilepas sebelum melanjutkan ke langkah-langkah berikut. Mulailah dengan memasang dua baris 14 pin strip ke dalam lubang kosong yang ada di area yang berlabel 27c256. Pastikan pin menghadap ke atas pada papan ECU dan Anda menyoldernya di sisi belakang papan di mana mereka menonjol melalui lubang yang sudah dilepas. Selanjutnya pasang chip 24 pin yang disediakan dengan S300 Anda ke ruang berlabel 74hc373. Pastikan torehan setengah bulan pada chip menghadap ke arah colokan ECU dan kemudian solder ke tempatnya. Masukkan strip 4 pin ke lubang terbuka berlabel CN2 dan solder ke tempatnya. Harus ada satu lubang di CN2 kiri tanpa apa pun di dalamnya terjauh dari colokan ECU dari langkah sebelumnya. Jika ECU Anda memiliki ruang berlabel R54, solder resistor yang disediakan ke tempatnya. Polaritas tidak masalah. Itu dapat dipasang di kedua arah. Selanjutnya, tekan papan sirkuit Hondata S300 dengan kuat pada dua baris 14 pin pada 27c256 dan empat pin di CN2. Berhati-hati untuk tidak menekuk atau mematahkan pin apapun. Setelah papan Hondata S300 di tempat, hati-hati geser papan ECU Anda kembali ke dalam kasus ECU. Tandai pada ECU casing area yang memblokir colokan USB S300. Dengan hati-hati, lepaskan papan ECU dari casing sekali lagi, dan gunakan gerinda atau gergaji, potong bagian yang ditandai untuk memungkinkan kabel USB Anda dicolokkan ke port USB S300.

Bersihkan casing ECU dan papan sirkuit dengan pembersih komponen listrik berkualitas dari segala kotoran atau sisa fluks solder. Pasang kembali papan ECU ke dalam casing dengan hati-hati agar tidak merusak komponen apa pun. Pasang sekrup yang menahan papan sirkuit di tempatnya, sekrup kecil dan klip logam di samping oleh colokan, dan penutup ECU atas dan bawah. Pastikan untuk membubuhkan stiker Hondata mewah baru Anda ke ECU untuk pengoperasian yang benar.