Salah satu bagian yang paling diabaikan dari kendaraan rekreasi adalah ban. Karena ban terbuat dari karet, akal sehat mengatakan kepada kita bahwa karet akan menurun seiring waktu. Ketika bahan kimia dan minyak di karet mulai menguap, karet kehilangan fleksibilitasnya dan menjadi rapuh. Ketika ikatan kimia rusak, ban kering adalah hasilnya. Saat itulah karet di ban memudar dari hitam ke kusam abu-abu dan retakan garis rambut kecil di permukaan ban samping ban dan tapak mulai menunjukkan. Dalam kebanyakan kasus, tidak aman untuk mengemudi di ban dengan busuk kering. Panasnya pengendaraan jarak jauh akan menyebabkan karet mengembang dan ban akan pecah saat mengemudi. Itu salah satu cara untuk merusak liburan yang terencana!

Oleh karena itu, industri ban telah menetapkan standar untuk penggantian ban maksimal 10 tahun. Beberapa perusahaan ban bahkan menyarankan perubahan pada periode enam tahun karena degradasi karet dapat menyebabkan kecelakaan serius dan membahayakan keselamatan pribadi Anda.

Penyebab paling umum untuk busuk kering adalah kurangnya penggunaan, inflasi rendah pada ban, dan penyimpanan dekat panas yang berlebihan. Busuk kering paling sering terjadi pada ban rumah motor, mobil klasik & vintage, truk dan Jeep karena jarang menggunakan kendaraan? Satu survei independen memperkirakan bahwa pemilik mobil klasik dan vintage jarang mendorong barang berharga mereka lebih dari sekali sebulan. Tidak mengherankan bahwa fenomena ini juga akan ada pada ban dari semua jenis trailer apakah itu adalah trailer perjalanan kemping, trailer roda kelima, trailer perahu atau bahkan trailer kuda. Selain kendaraan transportasi harian Anda, ada ribuan ban kendaraan rekreasi yang juga memiliki masalah busuk kering yang tampaknya terjadi lebih sering daripada pada kendaraan sehari-hari lebih sering digunakan. Banyak pemilik trailer menjadi khawatir ketika ban di kemping mereka, perahu atau trailer kuda menunjukkan tanda-tanda busuk kering setelah hanya dua tahun kepemilikan.

Tentu tidak aktif bukan satu-satunya penyebab ban busuk kering. Tekanan ban yang rendah dan paparan sinar UV yang berlebihan juga menambah masalah. Ban yang digelembungkan secara tidak benar dapat aus secara prematur dan menjadi masalah keamanan. Sangat penting bahwa pemilik kendaraan bergantung pada produsen ban untuk menentukan tekanan inflasi yang sesuai untuk ban mereka. Meskipun tekanan ban tercantum pada ban, penting untuk diingat bahwa tekanan yang dicap pada ban adalah nilai maksimum. Sebulan sekali pemilik kendaraan harus memiliki tekanan ban yang diperiksa dengan pengukur ban yang murah dan kendaraan harus sering digerakkan.

Selain tekanan ban, ada banyak informasi yang dapat ditemukan di bagian luar ban. Nomor Identifikasi Ban adalah kode Departemen Perhubungan yang mengidentifikasi minggu dan tahun ban diproduksi. Dua digit pertama memberitahu Anda minggu pembuatan, dan dua digit terakhir adalah tahun. Sebagai contoh, jika empat digit terakhir adalah 1213, itu berarti bahwa ban itu diproduksi selama minggu kedua belas tahun 2013. Bahkan jika Anda telah memiliki ban pada kendaraan Anda untuk waktu yang singkat, jika tanggal pembuatan beberapa bertahun-tahun yang lalu, mungkin ada penurunan atau pembongkaran di ban. Kebanyakan garansi pabrikan ban menutupi ban mereka selama empat tahun sejak tanggal pembelian atau lima tahun dari minggu ban diproduksi.

Mungkin ancaman terbesar untuk merusak dinding ban (pembusukan kering) adalah paparan konstan terhadap matahari. Proses degradasi ban disebut degradasi termo-oksidatif dan dipercepat dalam iklim yang lebih panas. Jika kendaraan Anda disimpan pada aspal hitam atau produk berbasis minyak atau permukaan penyerap panas lainnya yang secara alami menarik sinar UV, maka ban ini akan memburuk dengan cepat. Paparan sinar matahari yang konstan dapat mempercepat efek pembusukan kering pada ban.

Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara mencegah ban busuk kering? Cara termudah untuk melindungi dari pembusukan kering adalah dengan memeriksa setidaknya sebulan sekali bahwa ban tersebut dipompa ke rekomendasi pabrikan. Cara ideal untuk menyimpan ban kendaraan untuk jangka waktu yang lama adalah di garasi yang dikontrol iklim. Karena itu mahal dan sering tidak tersedia untuk mayoritas pemilik mobil, truk, kemping, dan trailer, opsi terbaik berikutnya adalah melindungi karet ban. Beberapa pemilik ban trailer menyarankan bahwa ban trailer memiliki papan yang ditempatkan di bawah ban saat disimpan untuk menjauhkannya dari aspal yang menarik sinar UV. Lain-lain menyarankan bahwa trailer akan mendongkrak dari tanah dan ban trailer akan dihapus dan disimpan di dalam ruangan jika akan disimpan selama 60 hari atau lebih.

Busuk kering hanya dapat diperbaiki pada tahap awal. Banyak orang menaruh blok UV pada ban tiga atau empat kali setahun. Blok UV terbaik yang direkomendasikan adalah 3M yang bernama 303 Protectant. Label mengatakan itu baik untuk perlindungan ban UV. Ada banyak pemilik ban yang menyarankan penggunaan ArmourAll tetapi penelitian saya menunjukkan bahwa ArmourAll telah terbukti melukai ban lebih dari bantuan.

Cara termudah dan mungkin paling murah untuk melindungi ban Anda adalah dengan ban dan penutup roda. Penutup vinil ini menghalangi sinar matahari dan membungkus ban dalam kegelapan. Tanpa paparan sinar matahari, ozon tidak akan terjadi dan ban Anda harus dengan mudah bertahan selama 6-7 tahun yang disarankan sebelum penggantian diperlukan.

Penutup ban dan roda datang dalam berbagai ukuran termasuk ukuran gandar tunggal, ganda dan bahkan tiga untuk rumah motor, trailer perjalanan, trailer roda kelima & berkemah. Mereka juga tersedia dalam warna putih, abu-abu atau hitam untuk mencocokkan atau berkoordinasi dengan penutup pelindung lain yang digunakan pada trailer kemping, rumah motor, mobil klasik & vintage, truk dan Jeep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here