Bertahun-tahun yang lalu, tampaknya membeli mobil bekas adalah hal yang bijaksana dan praktis untuk dilakukan karena jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli kendaraan baru. Maju cepat ke 2013, pakar industri sependapat bahwa dealer mobil bekas mengalami masa sulit di pasar ini karena calon pemilik mobil beralih ke yang baru daripada yang digunakan.

Berbicara dengan The Nation pada bulan September, Somchai Trakulpirom, manajer umum Mobil-Mobil Bekas Bersertifikat, mencatat bahwa industri mobil bekas perlu melakukan penyesuaian dalam model bisnisnya dan memberikan penawaran yang lebih baik daripada apa yang saat ini ditawarkan oleh rekan-rekannya.

Pasar yang sulit, misalnya, menunjukkan bahwa konsumen membeli karena promosi menarik yang didaftar, seperti pembayaran nol ke bawah, bunga rendah, pembayaran dua kali seminggu atau bulanan yang murah dan promosi khusus lainnya – penawaran yang lebih kuat bahkan diharapkan sebagai dealer berusaha untuk membersihkan persediaan mereka.

Sebagian besar promosi tinggi ini telah berjalan sejak musim panas dan telah didorong oleh inisiatif pembelian mobil pertama pemerintah federal yang diluncurkan tahun lalu. Dealer mencari untuk membangun pertumbuhan penjualan mobil baru yang telah mengalami cukup lama sekarang.

Selain itu, dengan munculnya mobil pintar yang lebih kecil, mereka mempertahankan harga yang sama terjangkau dengan model kendaraan superior yang digunakan: Chevrolet Spark LS adalah $ 12.995, Smart ForTwo Pure adalah $ 13.240 dan Nissan Versa S Sedan adalah $ 12.780.

Anuchart Deeprasert dari Thai Hire Purchase Association melaporkan bahwa pemberi pinjaman keuangan telah menemukan pengurangan 20 persen dalam pinjaman mobil bekas – perkiraan lain menunjukkan sebanyak 30 persen. Namun, organisasi itu mengatakan bahwa mereka mengharapkan pembelian mobil bekas untuk kembali ke pertumbuhan normal pada tahun depan.

Selanjutnya, kendaraan yang digunakan, menurut Trakulpirom, terdiri dari tingkat depresiasi antara 10 dan 25 persen. Ini berarti kredit macet sama dengan lebih sedikit pinjaman dan lembaga keuangan menjadi pemilih dalam menyetujui pinjaman karena banyaknya jumlah kredit macet yang tinggi.

"Sebagai contoh, skema pembeli mobil pertama, yang pada mulanya tampak menarik karena peningkatan volume produksi dan arus kas, telah bertanggung jawab untuk mencuri permintaan di masa depan," kata Trakulpirom kepada outlet media berita. "Beberapa pembeli melakukan pembelian di bawah skema untuk mendapatkan keuntungan langsung, sementara beberapa pembeli yang tidak akan mampu membeli kendaraan dalam kondisi normal kini menghadapi kesulitan dalam membayar angsuran bulanan, dan memungkinkan kendaraan untuk diambil alih oleh keuangan perusahaan, menghasilkan sejumlah besar kredit macet. "

Dia menambahkan: "Jika perusahaan pembiayaan memiliki sejumlah besar kendaraan yang diambil alih, mereka akan lebih berhati-hati dengan persetujuan pinjaman dan menyangkal lebih banyak aplikasi. Permintaan untuk mobil bekas sekarang dikendalikan oleh persyaratan pembiayaan."

Bulan lalu, para peramal dan analis meramalkan harga yang lebih lembut dan pilihan kendaraan bekas yang disempurnakan pada tahun 2014. Hal ini disebabkan sebagian besar mobil delapan hingga 12 tahun yang saat ini perlu diganti. Meskipun kebanyakan setuju bahwa harga kendaraan yang digunakan tidak akan jatuh, diyakini bahwa mobil kecil dan menengah akan mengalami penurunan harga tertinggi karena persaingan di pangkalan pasar itu.

Namun demikian, dengan Motor Expo 2013 bersiap, produsen dan dealer mobil dapat bersatu dan meningkatkan promosinya, seperti tawaran pembayaran rendah untuk pegawai negeri sipil dan pejabat perusahaan negara serta bahkan masa tenggang.

Penjualan 98.000 kendaraan per bulan jelas merupakan insentif bagi pabrikan dan dealer untuk terus menjalankan kampanye ini untuk menarik lebih banyak konsumen sepanjang 2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here