Bukankah ini suatu kebetulan yang indah bahwa India merayakan ulang tahun dan ulang tahun dari dua wirausahawan yang gagah berani yang menginspirasi jutaan orang? Ya, 28 Desember adalah hari istimewa ketika Tuan Ratan Tata dan Tuan Dhirubhai Ambani, lahir. Keduanya menjalani hidup mereka dengan cara yang berbeda tetapi menunjukkan keunggulan kualitas kepemimpinan. Rasa tanggung jawab sosial dan patriotisme yang tak terbantahkan adalah faktor-faktor umum.

Masa muda

Dhrubhai Ambani adalah putra kedua Hirachand Ambani dan Jamnaben. Kehidupan awalnya penuh dengan kesulitan. Dia tidak punya kesempatan untuk belajar atau dia tidak tertarik. Oleh karena itu, Dhirubhai dapat menyelesaikan beberapa tahun pendidikan dasar.

Ratan Tata, di sisi lain, milik keluarga Parsi yang kaya dan terkenal di Mumbai. Namun, ia merasa kesulitan karena pemisahan orang tuanya pada usia 7. Dia adalah seorang pria berpendidikan tinggi dengan sekolah di Mumbai dan lulus dari Universitas Cornell. Dia adalah rekan Harvard School dengan Program Manajemen Lanjutan.

Kisah sukses Dhirubhai Ambani

Ia pergi ke Yaman ketika ia berusia 16 tahun sebagai pekerja dan dalam rentang waktu dua tahun ia menjadi manajer stasiun pengisian bahan bakar. Pada tahun 1958, ia memulai bisnis mengimpor benang poliester dan rempah-rempah dalam kemitraan dengan sepupunya, Champaklal. Tahun 1977 dan merupakan tonggak sejarah ketika ia memulai penggilingan pertama di Naroda dekat Ahmedabad. Perjalanan Reliance telah melimpah sejak saat itu.

Ratan Tata, bagan pertumbuhan yang mengesankan

Ratan Tata mengambil bisnis warisan ke ketinggian baru dengan menjadikannya global. Dia mengambil alih NELCO dan pulih dari kerugian besar. Setelah mencapai posisi tonggak Direktur dan Ketua Grup, ia menjadi Ketua Grup pada tahun 1991. Tata Group mengakuisisi kelompok Corus, Jaguar dan Land Rover di bawah kepemimpinannya. Tahun 2008 ditambahkan bulu lain di mahkota ketika Tata Nano, mobil orang biasa diluncurkan di New Delhi Auto Expo.

Mereka mengubah pemikiran pengusaha India

Baik wirausahawan muda yang terinspirasi dengan kemampuan kepemimpinan mereka, kemampuan mengambil risiko dan visi. Mereka melihat mimpi bersinar di India dengan cerah dan mewujudkannya. Dengan kepercayaan diri yang luar biasa dan pemahaman mendalam tentang perubahan zaman, mereka selalu tetap menjadi yang terdepan. Keduanya menunjukkan bahwa orang India memiliki keberanian dan kemampuan memerintah dunia. Kepercayaan diri yang sangat besar yang kita lihat di setiap orang India adalah kontribusi terbesar mereka bagi bangsa.