Dengan pengalaman yang luas dalam kompetisi mobil sport, dengan rekam jejak keberhasilan dan kemenangan yang mengesankan, DUNLOP mentransfer teknologi inovatifnya yang digunakan di trek untuk ban yang dirancang untuk mengemudi sehari-hari. DUNLOP menjadi merek utama di segmennya, menikmati reputasi yang sangat baik di kalangan pecinta mobil dan kompetisi olahraga otomotif.

Sejarah

Ide-ide sederhana dapat mengubah dunia. Dan itu terjadi pada tahun 1887 ketika insinyur dan dokter hewan asal Skotlandia John Boyd Dunlop mengembangkan dan menguji ban modern tiup pertama, yang tidak lebih dari tabung hampa karet, yang dipegangnya di atas kemudi dengan beberapa jenis kain dan diisi dengan udara. pompa. Ia membuat ban pertama jenis ini untuk mengganti roda tiga roda karet padat anaknya, ingin meningkatkan getaran roda (kayu), sehingga ia bisa berlari dengan lebih nyaman. Gagasannya begitu sukses sehingga menciptakan salah satu merek ban paling terkenal di dunia, DUNLOP TYRES. Penemuannya terjadi pada saat yang penting untuk pengembangan transportasi dan jalan raya. Pada tahun berikutnya, secara resmi didirikan Dunlop Pneumatic Tire Co Ltd (saat ini dianggap sebagai perusahaan ban tertua di dunia) dan ban pertamanya yang dipatenkan pada 7 Desember di Inggris, membuka pabrik pertamanya pada tahun 1890 di kota Dublin, Irlandia. Tak lama setelah itu, ia mulai memproduksi ban pneumatik untuk mobil.

Pada tahun 1893 pabrik pertama di Eropa dibuka di Jerman. Dua tahun kemudian, ban DUNLOP dijual di Perancis dan Kanada dan diproduksi di Amerika Serikat dan Australia. Kemudian mereka menciptakan pabrik di Asia. Menjelang akhir dekade, pada tahun 1898, penemuan Dunlop telah menggantikan ban konvensional. Pada tahun 1902, kemenangan dalam balapan mobil Paris-Wina memberi DUNLOP nafsu makan yang besar untuk mencapai kesuksesan dalam balap motor. Pada tahun yang sama mereka membuka pabrik di Birmingham di Inggris, yang kemudian dikenal sebagai FORT DUNLOP. Pada tahun 1913, DUNLOP membuka pabrik ban Jepang pertama di kota Kobe.

Pada 1920, sekali lagi semangat inovatif perusahaan menjadi jelas, ketika mereka mengembangkan ban untuk mobil yang mampu menahan kecepatan tinggi. Pada saat ini, ban Dunlop telah mengembangkan ban yang sangat kokoh dan aman, mampu bertahan kecepatan di atas 300 km / jam, membantu Henry Segrave menetapkan rekor baru untuk batas kecepatan di darat dengan 372 km / jam mengesankan pada tahun 1927. Kemenangan pertama dari tanda di Le Mans terjadi empat tahun sebelum memecahkan rekor ini. Pada tahun-tahun berikutnya, keterlibatan mereka dalam balap motor menjadi sangat penting untuk pengembangan teknologi yang dialihkan ke produksi ban untuk mobil penumpang. Dunlop adalah salah satu dari mereka yang bertanggung jawab atas rekor kecepatan tanah baru yang dicapai oleh Sir Malcolm Campbell pada tahun 1935.

Selama 50-an, merek ini telah mencapai 66 kemenangan di Formula 1, memenangkan delapan gelar dunia, dan lima kemenangan lainnya dalam balapan tradisional 24 jam di Le Mans (Total, 34 dari 71 balapan dari ras tertua di dunia telah dimenangkan dengan ban Dunlop, hingga tahun 80-an). Dalam dekade berikutnya, perusahaan terus mengembangkan dan memproduksi ban yang inovatif seperti pada tahun 60-an, ketika para peneliti telah mengidentifikasi fenomena hydroplaning (ketika berjalan di selembar air, ban kehilangan kontak dengan landasan pacu). Dari sana mereka mengembangkan ban radial Dunlop S 41, yang berisi alur, memberi pengemudi lebih banyak pegangan dan kontrol penuh kendaraan di trotoar basah. Dengan revolusioner Lagi, dirilis pada tahun 1973, pengemudi diaktifkan dengan lebih banyak kontrol pada kecepatan tinggi dan jarak yang lebih jauh.

Pada tahun 1999, DUNLOP menjadi poros pusat dari usaha patungan global antara Amerika Goodyear dan Jepang Sumitomo. Itulah bagaimana merek Dunlop menjadi keunggulan di segmennya, hadir di sebagian besar pasar dunia, dan secara resmi digunakan oleh pembuat mobil besar dan terkenal seperti Alfa Romeo, Aston Martin, Audi, BMW, Jaguar, Mercedes-Benz Lexus, Porsche, Toyota dan Volkswagen. Dunlop juga memproduksi ban pabrik asli untuk merek-merek utama sepeda seperti Aprilia, BMW, Buell, Ducati, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, MV Agusta, Suzuki, dan Yamaha. Perusahaan juga memproduksi sekitar 130 jenis ban untuk truk dan bus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here