Dengan dirilisnya Volkswagen Jetta generasi keenam, tampaknya tepat untuk melihat sejarah model yang berpengaruh ini dan dampaknya terhadap pasar. Seperti Golf, Jetta telah sangat populer, dengan sukses yang luas di Amerika Serikat serta bagian lain dunia, dan sejak itu inkarnasi pertama pada tahun 1980, mobil telah tumbuh semakin besar dalam ukuran dan kekuatan dengan setiap generasi.

Generasi pertama dirilis pada tahun 1980 yang tersedia di sedan atau sedan 2 pintu atau 4 pintu sebagai cara mencocokkan permintaan akan tradisi desain tiga kotak sedan. Terkenal dengan desain sudutnya oleh Giorgetto Giugiaro, langkah-langkah keamanan superior dan interior kelas atas, Jetta dengan cepat menjadi pilihan populer bagi Amerika Serikat, akhirnya menetapkan tempatnya sebagai mobil Eropa terlaris di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Generasi kedua akan mengikuti pada tahun 1984, dengan desain serupa tetapi memungkinkan tempat duduk untuk lebih banyak orang serta tubuh yang lebih besar dan lebih berat. Berkat inovasi seperti komputer perjalanan opsional, tunggangan transmisi, dan mesin yang dilembabkan dengan silikon – semuanya membantu mengurangi tingkat kebisingan dan getaran. Ini dikembangkan lebih lanjut pada tahun 1988 dengan penciptaan sistem injeksi bahan bakar elektronik, yang dikenal sebagai sistem Manajemen Mesin Digifant.

Generasi ketiga, dirilis pada tahun 1992, berganti nama menjadi Volkswagen Vento di perusahaan-perusahaan Eropa tetapi mempertahankan nama Jetta di Amerika Utara. Gaya mobil itu berbeda kali ini, memperkenalkan langkah-langkah aerodinamis dan perbaikan atas generasi kedua. Pada saat inilah penjualan di Amerika Utara mulai berkurang, tetapi berkat generasi ini, mereka rebound secara signifikan dan tetap menjadi Volkswagen terlaris di Amerika Serikat.

Generasi keempat yang terungkap pada tahun 1998 dikenal sebagai Volkswagen Bora di seluruh dunia. Masih populer dibandingkan, generasi ini memainkannya sedikit lebih aman daripada yang lain – meskipun menawarkan sejumlah tambahan. Model ini juga dirilis tepat setelah Volkswagen Passat, yang berbagi beberapa kesamaan dalam hal penampilan. Bora sangat dihormati untuk tindakan keamanan dan fasilitas anti maling, yang mendukung ulasan. Model khusus ini masih diproduksi dan dipasarkan di Cina, serta dijual di negara-negara seperti Kanada, Argentina, dan Brasil.

Generasi kelima yang muncul pada tahun 2005, disiapkan untuk dijual di AS sebelum yang lain, merupakan poin penting bagi Volkswagen, yang baru saja menghabiskan lebih dari £ 500.000 untuk meningkatkan pabrik produksi. Model khusus ini memiliki berbagai nama, seperti Vento dan Bora, serta Sagitar dan GLI. Ada juga fokus yang lebih besar ditempatkan pada styling model baru, dengan gril depan krom.

Generasi keenam, diumumkan di Amerika Utara pada Juni 2010, lebih besar namun lebih murah untuk diproduksi daripada generasi kelima. Dengan generasi ini, Volkswagen berharap dapat menargetkan pasar massal Amerika dan menciptakan mobil yang terjangkau namun dapat diandalkan. Sudah terbukti populer di pasar, Jetta diperkirakan akan mencapai tingkat sewa yang sama Penyewaan golf di Inggris.

Jetta baru mulai dijual pada 22 Juli dan telah menerima ulasan yang baik. Ini akan mulai dijual di pasar Eropa pada tahun 2011, dengan model hibrida dan versi sedan juga direncanakan untuk tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here