Honda CR 80 adalah salah satu anggota yang paling populer dari seri CR Honda, yang mengguncang dunia sepeda motor di sebagian besar tahun 1980-an dan 1990-an, sebelum Honda menghentikan produksi mereka pada tahun 2008.

Nama Honda CR 80 mungkin terkait dengan tahun ketika model sepeda motor pertama kali melakukan debut ke pasar, yang pada tahun 1980. Itu adalah mesin yang fenomenal pada masa itu, dan tetap demikian untuk sebagian besar hidupnya.

Secara estetis, semua warna yang dimiliki CR 80 adalah warna 'panas', dengan pengecualian putih. Warna-warna lain di mana Honda CR 80 datang, dengan cara, termasuk apa yang disebut flash merah, yang disebut merah nuklir, dan yang disebut 'pertempuran merah.' Sepeda motor ini juga hadir dalam warna oranye, selain putih tentu saja, seperti yang disinggung sebelumnya.

CR 80 tidak terlalu berat mesin. Dengan berat hanya sekitar 143 pon, itu adalah mesin yang dapat diangkat oleh orang kuat di tangannya. Dalam istilah otomotif, bobot yang rendah ini berarti kemudahan manuver dan efisiensi bahan bakar yang baik; melihat bahwa banyak bahan bakar yang terbuang di sepeda motor yang lebih berat 'membawa' di sekitar apa yang pada dasarnya tidak berguna berat logam. Padahal fakta bahwa CR 80 adalah motor yang relatif ringan bukan berarti tidak kokoh. Dalam membuatnya, para insinyur di Honda tampaknya telah benar-benar memeras otak mereka, untuk sampai pada bahan yang menggabungkan kekuatan dan bobot yang ringan dalam paket yaitu Honda CR 80. Untuk sepeda motor yang berat, juga, Honda CR 80 juga sangat stabil.

CR 80 adalah salah satu yang telah dirancang dengan kebutuhan pengendara tinggi dalam pikiran – sesuatu yang tampaknya lepas dari desainer model sepeda motor lainnya, apalagi fakta bahwa sebagian besar penggemar sepeda motor sebenarnya cenderung orang tinggi. Pertimbangan ini untuk pengendara tinggi datang dalam bentuk kursinya, yang menjulang di lebih dari 33 inci – sehingga pengendara tinggi dapat benar-benar nyaman mendorong mesin ini ke depan.

Luar biasa juga adalah kenyataan bahwa Honda CR 80 adalah mesin transmisi enam gigi bertenaga enam kecepatan. Pada saat Honda CR 80 memulai debut perdananya di pasar, ini adalah prestasi jenius teknik, dan tetap demikian hingga tanggal ini; ketika sebagian besar sepeda motor tetap urusan gigi lima kecepatan.

Rem pada CR 80 didasarkan pada mekanisme disk tunggal, dianggap sebagai mekanisme pengereman yang lebih aman dan efisien. Untuk kenyamanan pengendaranya, Honda CR 80 dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang 'benar', yang sangat halus.

Tangki bahan bakar pada Honda-CR 80 dapat mengambil sekitar 1,5 galon bahan bakar, cukup untuk memindahkan seseorang dari satu kota dengan pompa bensin ke tempat lain, tanpa harus khawatir membawa 'bahan bakar cadangan'. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai, dari Honda CR 80 adalah antara 70 dan 80 mil per jam, yang menempatkannya di suatu tempat di dekat bagian atas jangkauan, sejauh kecepatan sepeda motor pergi.