Tanpa diragukan lagi, kendaraan listrik di sini untuk tinggal. Jika ada indikator apa pun, akan ada lebih banyak pilihan untuk kendaraan listrik di masa depan, karena produsen seperti Toyota telah mengumumkan sebuah kendaraan plug-in listrik yang akan menjadi mobil nol emisi, terlepas dari model Prius mereka. Untuk saat ini, bagaimanapun, Toyota Prius adalah keberhasilan produsen Jepang, secara komersial dan teknologi, dalam kategori kendaraan hijau.

Prius sudah berada di generasi ke-3 pada titik ini, yang berarti bahwa akan ada jutaan hibrida yang sukses ini di jalan di mana pun mereka dijual. Prii dengan 100.000 mil berjalan menjual sekitar 8.000 dolar hari ini, yang membuat mereka menjadi alternatif yang menarik bagi orang-orang yang sadar tentang biaya rendah, efisiensi bahan bakar dan kehidupan hijau. Tetapi, marilah kita hadapi, Prius, meski menarik sebagai mobil untuk orang-orang dengan gaya hidup alternatif, adalah mobil yang kompleks dengan sedikit pengetahuan yang disebarluaskan di luar teknisi Toyota yang terlatih. Kecuali Anda atau seorang teman mekanik memiliki pengetahuan yang mendalam tentang cara kerja Prius, yang terbaik adalah membeli Toyota Prius bekas hanya setelah diperiksa oleh dealer Toyota ternama.

Prius yang belum dipelihara dengan baik akan menjadi kandidat untuk kegagalan inverter atau transaxle, keduanya merupakan komponen utama mobil, dan keduanya mahal untuk diganti atau bahkan diperbaiki. Karena transmisi Prius pada dasarnya adalah CVT, jangan membeli Toyota Prius bekas jika Anda merasa tersentak datang dari transmisi. Kabarnya, perakitan transaxle baru untuk Prius dapat menghabiskan biaya hingga $ 10.000. Yang merupakan tagihan perbaikan yang tidak masuk akal jika Anda membeli Toyota Prius bekas untuk sesuatu yang mendekati jumlah itu.

Hal lain yang perlu diperiksa sebelum Anda membeli Toyota Prius bekas termasuk struts depan dan guncangan belakang, lampu HID, baterai 12V (bukan unit traksi), lampu rem belakang, pompa pendingin inverter, dan cairan transaxle. Carilah catatan pemeliharaan yang menunjukkan bahwa recall pompa pendingin inverter telah dilakukan dan bahwa cairan transaxle telah diubah pada interval yang direkomendasikan.

Bahkan sebelum Anda bertanya kepada penjual apakah mobil dapat diperiksa di dealer, pemeriksaan cepat yang dapat Anda lakukan termasuk menyalakan lampu HID dan memastikan bahwa lampu masih menyala setelah sepuluh menit. Pada saat yang sama, juga hidupkan AC dan monitor udara yang keluar dari ventilasi. Setelah 10 menit, apakah udaranya masih dingin? Periksa kebocoran terlalu di bawah pompa air mesin. Baterai 12-volt asli diketahui rusak sehingga Prius yang digunakan harus memasang baterai aftermarket pengganti. Dan meskipun tampaknya masalah kecil untuk mengganti saklar lampu rem pada Prius, faktanya adalah itu akan membutuhkan penggantian perakitan pedal. Seperti yang Anda lihat, kompleksitas Prius bahkan meluas ke hal-hal kecil yang akan mudah diperbaiki dalam mobil yang lebih konvensional. Jika kombinasi dari kesalahan kecil ini ada di Prius yang Anda pertimbangkan, maka akan lebih baik untuk memeriksa unit lain daripada membeli Toyota Prius bekas yang mungkin berakhir biaya Anda lebih dari harga pembelian mobil.