Ketika melihat sepeda motor klasik untuk investasi, tahun pertama produksi biasanya yang paling mahal dan paling banyak dicari. Sebagai contoh, Honda CB750 membawa dunia, dan Kawasaki, secara mengejutkan, pada tahun 1969. Tahun pertama CB750 Honda dikenal sebagai Honda CB750K0. Model ini berjalan selama tujuh tahun, memuncak dengan Honda CB750K6. Ada K7, tetapi meskipun terlihat wajar, tidak ada yang sama berharganya, atau secantik model K0-K6.

Honda menyadari bahwa mereka dapat mengalahkan Kawasaki dan melepaskan empat silinder empat langkah mereka, hanya beberapa minggu sebelum saingan mereka, jika mereka mengebiri kasus mesin, kepala dan laras. Sebagian besar sepeda motor Inggris digunakan untuk mengebiri kasus mereka, itulah mengapa mereka membocorkan minyak. Honda menghasilkan 7.400 sandcast CB750K0s dan kemudian pada 1969 dan 70, mereka berhasil mati melemparkan kasus-kasus mesin yang lebih rendah, membangun 299 K 0s dengan kasus die cast. Yang paling dicari setelah Honda CB750 adalah sandcast, mereka jauh lebih mahal dan berharga daripada model-model lainnya.

Namun, mesin sandcast agak keropos dan bocor minyak. Jadi, jika Anda ingin mengendarai Honda CB750K0 klasik Anda, maka sandcast ini bukan untuk Anda. Juga, saya telah diberitahu bahwa, bantalan induk agak sampah dan menyerah pada mesin awal ini. Banyak dari sandcasts ini juga berlomba di Amerika dan Eropa. Menjadi salah satu motor empat silinder pertama, pembalap tidak sabar untuk mendapatkan tangan mereka.

Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan salah satu dari 299 CB750K0s, yang bukan mesin die cast, maka ini adalah CB750K0 klasik yang hebat, bisa digunakan, dan sangat ketat. Saya memiliki CB750K6 emas yang indah dalam emas, yang setengah harga die cast K0, atau sepertiga dari harga sandcast. Saya suka motor itu, mengendarainya, menikmatinya dan itu sama menyenangkannya dengan CB750K0 saya. Sebenarnya itu lebih menyenangkan untuk dikendarai, karena ongkosnya lebih murah dan lebih tersedia secara bebas.

Juga, itu menarik orang banyak kemana pun saya pergi dan perbedaannya sangat kecil untuk K0. K0 memiliki calliper rem depan perak, K6 memiliki yang hitam. K1 memiliki kotak udara berkode warna, K1-K6 memiliki warna hitam. Ada sedikit perbedaan dalam tangki bensin, grafik tangki bensin, knalpot, kursi, spakbor depan dan titik-titik lain yang nyaris tidak terlihat. Tapi mereka hanya tempat menarik, sepeda sendiri nyaris tidak bisa dibedakan dengan mata yang tidak terlatih.

Karena nilai, dan biaya suku cadang, dari K0 jauh lebih tinggi dan bagian jadi lebih sulit didapat, mengendarai sepeda motor cukup mengkhawatirkan. Setiap kali saya melangkahkan sudut di Dartmoor, saya mundur, kalau-kalau saya memukul beberapa kotoran hewan, atau sesuatu yang lain yang dapat menyebabkan saya menjatuhkan sepeda. Mengendarai sepeda menjadi proses yang cukup menegangkan, daripada menyeringai semenit seperti CB750K6 lama saya.

Saya telah menemukan bahwa sepeda motor bernilai sangat tinggi adalah pekerjaan yang sulit untuk dikendarai, dibandingkan dengan mesin dengan nilai yang lebih rendah di mana suku cadang lebih murah dan lebih mudah untuk mendapatkan sumber. Hanya selalu ada bersembunyi di belakang pikiran saya. Tapi itu hanya masalah pribadi bagi saya, karena saya suka mengendarai sepeda motor klasik saya. Saya memiliki beberapa perjalanan yang indah pada die cast CB750K0 tua saya. Satu dari South Devon ke Sammy Miller Motorcycle Museum di Hampshire, sungguh luar biasa, di tempat yang mungkin merupakan satu-satunya akhir pekan yang panas dan cerah di tahun 2012. Banyak orang senang hanya memiliki mesin-mesin ini, tetapi saya suka sekali menungganginya.

Jadi apa pun alasan Anda memiliki mesin yang menakjubkan ini, baik sebagai investasi alternatif, sumber nostalgia, untuk melindungi uang Anda dari keruntuhan bank yang akan datang, atau hanya karena Anda mencintai mereka dan ingin mengendarai sepeda motor klasik Anda sebanyak mungkin bermil-mil. Semua sepeda motor ini, apa pun anggaran sepeda motor klasik Anda, sepeda motor klasik Jepang yang bermunculan adalah investasi yang solid, nilai yang fantastis untuk uang dan sangat menyenangkan.