Honda Motor Company adalah perusahaan multinasional Jepang yang memproduksi mobil, sepeda motor, dan mesin. Sepeda Honda umumnya ramah penumpang menjamin keamanan, ekonomi, daya tahan, kenyamanan dan gaya. Sepeda motor KTM Sport AG atau hanya KTM adalah produsen sepeda motor terkenal di dunia yang berbasis di Austria. Sepeda motor KTM lebih dikenal untuk styling dan kapasitas off road. Performa mesin dan ekonomi bahan bakar juga merupakan fitur yang disorot. Berikut ini adalah ulasan tentang dua motor populer tingkat pemula yang terlihat saat ini – CBR250R dan Duke 200.

Dalam hal styling, CBR250R terlihat lebih berbudaya sementara KTM 200 lebih modern dan lebih tajam. CBR 250R adalah motor sport yang sangat faired, sporty yang memiliki desain yang riang. Di sisi lain, KTM Duke 200 adalah sepeda mencari telanjang dan agresif dengan gaya perkotaan. Perbedaan yang terlihat terutama adalah fairing depan di CBR yang tidak hadir di Duke. Motor Honda memiliki posisi duduk yang nyaman sementara sepeda KTM memiliki posisi yang lebih tinggi yang mungkin tidak nyaman selama perjalanan panjang. Tapi Duke 20 kg lebih ringan dari CBR 250R.

Kedua motor ini didukung oleh mesin berpendingin cair, empat katup, DOHC meskipun sepeda Honda memiliki perpindahan yang lebih tinggi. CBR memiliki perpindahan 249,6 cc yang hanya 200 cc di KTM Duke. Namun perbedaan ini tidak terlihat pada output daya dan torsi. Kedua motor menghasilkan sekitar 25 bhp output daya maksimum dan angka torsi adalah 22,9 Nm untuk CBR dan 19 Nm untuk Duke secara individual. Mesin CBR 250R halus dan disempurnakan dengan gigi yang panjang. KTM Duke 200 lebih agresif dengan gearing yang lebih pendek.

Duke KTM berbobot ringan tidak diragukan lagi lebih mudah untuk ditangani. Honda CBR 250R lebih berat dan juga lebih besar dalam dimensi keseluruhan sehingga menjadi motor yang sulit di lalu lintas kota. Namun suspensi di sepeda Honda lebih lembut di CBR yang merupakan berkah saat menaiki jalan bergelombang dan berlubang. Suspensi kaku di sepeda KTM bukan yang menguntungkan untuk jalan-jalan India. Dan ergonomi keseluruhan dari Duke 200 sama sekali tidak mengesankan karena pijakan kaki dan pergeseran tuas persneling ditempatkan jauh dari satu sama lain tidak seperti CBR. Akhirnya dapat dikatakan bahwa KTM Duke hanya bagus dalam batas-batas kota, sedangkan Honda CBR 250R adalah motor yang lebih lembut yang dapat digunakan untuk drive jalan raya panjang juga.

Namun Honda CBR 250R lebih berharga dengan banderol harga Rs 1,65 lakh. KTM Duke 200 relatif lebih murah di Rs 1,37 lakh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here