Honda NX650 Dominator adalah motor sport ganda yang dapat digunakan dalam perjalanan ON dan juga OFF road. Itu diperkenalkan pada tahun 1988 dan sejak itu dijual dengan beberapa modifikasi pada tahun 2001 ketika Honda memutuskan untuk menghentikan baris.

Saat memasuki pasar, Dominator memiliki tangki 13L dan rem drum belakang. Versi ini ditempatkan di pasar AS. Namun beberapa tahun kemudian Honda meningkatkan rem belakang ke disk dan tangki menjadi 16L. Versi ini untuk pasar Eropa dan langka di pasar Amerika.

Pada tahun 1995/6 produksi dipindahkan ke pabrik Italia. Dominator mengubah desain untuk modern tetapi juga "lebih murah" – bagian yang digunakan berkualitas lebih rendah. Beberapa hal diturunkan dibandingkan dengan model jepang.

Selain NX 650, ada juga variasi NX125, NX250, NX350, NX400, dan NX500. The NX350 Sahara diproduksi di Brasil hingga 1999, ketika diganti dengan model NX400 Falcon. Motor terakhir ini juga diproduksi di Brasil dari 1999 hingga 2009, ketika itu dihentikan.

Ini cerita pendek. Sekarang faktanya:

ON Road Dominator mampu menunggang dengan kecepatan hingga 150kph dan lebih, tetapi naik di atas 100kph (sekitar 4500rpm) tidak nyaman. Mesin mulai berderu keras dan tanpa tambahan deflektor, sulit untuk memutar kepala (terutama ketika berada di helm enduro). Tentu, itu bisa dilakukan – tetapi untuk apa 🙂 Pelayaran pendek 130kph tidak akan menyakitinya, tetapi itu tidak berarti untuk digunakan seperti sepeda olahraga atau kapal penjelajah.

Berkuda adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Ini menangani dengan sangat baik, memiliki kemampuan menyelinap yang baik dan cepat naik.

Ini dengan mudah mengalahkan mesin-mesin balap dalam membuat jalan ke posisi-pole. Roda depan 21 "bagus untuk dipanjat di trotoar. Sangat menyenangkan menggunakannya dengan cara ini.

OFF Road bisa dilakukan dengan akal sehat. Menggunakan jalan belakang untuk mendapatkan jalan pintas? Kenapa tidak! Ban sport ganda memberikan traksi yang cukup untuk menangani sebagian besar jalan saat kering. Lumpur dan kotoran dapat dilalui sesekali, tetapi dengan ban yang melengkung, itu jauh lebih mudah. Dommi akan membawa Anda kapan pun Anda ingin pergi dan ke mana pun Anda menginginkannya. Torsi disediakan di dari rpm rendah dan dengan demikian dengan penyeimbangan yang cukup traksi yang baik disediakan untuk mendaki hampir semua bukit.

Secara keseluruhan motor ini adalah salah satu dari jenisnya. Dapat digunakan secara bersamaan di jalan dan Off dan hal yang paling penting: dapat diandalkan! Mesin dengan beberapa modifikasi kecil digunakan sejak 1985, dan ada alasan untuk itu. Ini adalah mesin yang sama yang digunakan di Honda XR650L karena pendinginnya yang kering dan berpendingin udara dan dapat melakukan sekitar 50 000km pada satu piston. Masukkan saja yang lain, dan 50 000 lainnya bisa dilakukan. Perubahan oli pendek – 3000km seperti kata manual. Tapi itu mudah dan bisa dilakukan di tempat parkir.

Saya dapat menyarankan motor ini untuk semua orang, bahkan pemula.