Jaguar, dan banyak produsen mobil lainnya, memutuskan untuk menggunakan Nikasil di mesin mereka di pertengahan hingga akhir 90-an sebagai cara untuk melapisi silinder dalam blok alloy untuk menghindari biaya liners baja. Keputusan ini ternyata berakibat fatal bagi lebih dari satu mesin dan Jaguar XJR, karena superchargers mereka dan kompresi yang lebih tinggi, memiliki andil masalah. Nikasil ternyata kurang dari yang diharapkan dalam kategori daya tahan dan ketika lapisan ini habis, kompresi turun dan daya yang signifikan akan hilang.

Mesin paduan biasanya membutuhkan pelapis baja di dinding silinder untuk mencegah keausan yang berlebihan. Ini karena paduan cenderung lunak dan dinding silinder mengambil banyak penyalahgunaan. Paduan jauh lebih ringan dari baja meskipun dan telah menjadi bahan penghematan berat yang menarik selama bertahun-tahun dalam aplikasi balap.

Penting untuk mengetahui mobil mana yang terpengaruh karena tidak semua pemilik Jaguar XJR perlu khawatir. Jaguar yang dibangun antara 1998-2000 adalah satu-satunya yang menggunakan Nikasil jadi jika Anda memiliki model tahun 2001 atau yang lebih baru, Anda jelas. Pada tahun 2000 Jaguar mulai beralih ke liners baja untuk memperbaiki masalah. Mobil dengan 6 digit di vin # di bagian akhir memiliki Nikasil, mobil dengan 5 digit di ujung vin # memiliki liner baja. Banyak mobil XJR Nikasil Jaguar memiliki mesin mereka diganti dalam garansi, tetapi ada banyak di luar sana yang ketinggalan.

Jadi bagaimana Anda tahu jika mobil Anda menderita?

Ada satu tanda yang benar-benar baik, mulai Jaguar XJR Anda menjadi lebih sulit karena kehilangan kompresi dan Anda akan melihat bahwa motor harus berputar beberapa kali sebelum menembak. Ada beberapa tanda lain seperti asap keluar dari pipa ekor dan minyak di tabung asupan udara, tetapi mulai dan hilangnya daya adalah yang paling jelas. Kehilangan daya sangat lambat meskipun, kebanyakan orang tidak pernah memperhatikan, bahkan dalam XJR. Akhirnya, motor akan gagal untuk memulai sepenuhnya. Penggantian bisa sebanyak $ 6500 untuk motor bekas, ditambah tenaga kerja.

Cara terbaik untuk memeriksa status mesin Anda adalah memiliki uji kompresi dan uji kebocoran yang dilakukan. Jika Anda mempertimbangkan pembelian Jaguar XJR yang dibangun antara 1998-2000, Anda harus mempertimbangkan sebelum Anda membayar uang yang diperoleh dengan susah payah untuk sebuah misteri agar motor diuji. Ada banyak mobil yang tidak memiliki masalah, tetapi banyak pemilik Jaguar XJR tampaknya menghindari tes ini karena takut, jadi berhati-hatilah pembeli. Jika Jaguar XJR Anda atau yang Anda pertimbangkan untuk dibeli memiliki lebih dari 75.000 mil, Anda harus melakukan tes ini tanpa pertanyaan.