Pernahkah Anda menggunakan palu udara industri? Sudahkah Anda memeriksa sistem starter otomotif pada satu titik atau lainnya? Pernahkah Anda melihat lonceng bel listrik? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda mungkin tahu apa itu katup solenoid.

Solenoid valves adalah katup elektromekanik yang dikendalikan dengan menghentikan atau menjalankan arus listrik melalui solenoid, untuk mengubah keadaan katup. Solenoid adalah kumparan kawat yang dimagnetisasi ketika listrik melewatinya. Katup solenoid memanfaatkan solenoid ini untuk mengaktifkan katup, sehingga mengontrol aliran air, aliran udara dan hal-hal lain dengan listrik. Pada dasarnya, ada tiga jenis katup solenoid: jenis tujuan umum, tipe uap tekanan rendah dan tipe uap tekanan tinggi.

Katup solenoid terdiri dari beberapa bagian seperti koil solenoid, konektor listrik, bonnet nut, seal cartridge, O-ring, konektor ujung, body dan union nut. Semua komponen ini sangat penting untuk kinerja keseluruhan katup solenoid. Jika ada malfungsi, itu akan mempengaruhi seluruh operasi sistem starter otomotif, serta palu udara industri dan lonceng listrik. Itulah mengapa ini harus selalu dipelihara dan secara teratur diperiksa untuk menjaga katup solenoid berfungsi sebaik-baiknya.

Tapi sama seperti bagian lain dari sistem starter, palu udara dan bel listrik, katup solenoid bisa rusak setelah jangka waktu tertentu. Dengan demikian, penggantian solenoid valve akan dibutuhkan. Ini adalah hal yang baik bahwa banyak dealer menawarkan katup solenoid yang berkualitas dengan harga terjangkau. Ketika memilih katup solenoid, pastikan untuk mempertimbangkan jenis katup, ukuran aperture, rating tekanan, tegangan kumparan dan jenis koneksi ke masing-masing port.