Ya, pabrikan legendaris sepeda motor Harley-Davidson klasik yang sudah lama melewati perayaan Hari Jadi ke-100 memang menjual mobil … yah, semacam itu.

Selama bertahun-tahun di samping kapal penjelajah Big Twin dan bobot Sportsters yang lebih ringan. Harley-Davidson membuat kendaraan roda tiga dalam bentuk utilitas dan polisi "sepeda roda tiga", tetapi mereka adalah benjolan Barney Rubble dibandingkan dengan Mirage Fighter yang tampak lincah dari Tri-Hawk berumur pendek, namun serba cepat, sekitar tahun 1984. Kemungkinan Anda tidak melirik satu di showroom dealer Harley lokal Anda karena mereka hanya muncul sebentar, dan dihubungkan dengan salah perhitungan pemasaran dan agak cepat tidak terpilih dari daftar Milwaukee.

Tri-Hawk dua penumpang sudah dalam produksi terbatas sebelum Pabrik Motor memutuskan untuk mengambilnya sebagai milik mereka sendiri untuk mengisi ceruk eksotis yang tidak memiliki nama. Pada tahun sebelumnya, HD telah membuat kesepakatan dengan perusahaan Rotax Austria untuk unit balap engine-gearbox yang ditakdirkan untuk trek balap pendek 500 cc, jadi mungkin dalam euforia internasionalisme inilah Milwaukee memilih mesin tiga roda yang didukung oleh Citroen four-banger buatan Prancis. Dan ya, "Citroen" tampaknya diterjemahkan secara longgar sebagai "lemon." Namun, penanganan burung yang ringan dan tajam ini bukanlah sedikit asam sitrun.

Beberapa dasawarsa sebelumnya, mobil Jerman Messerschmidt yang ramah bahan bakar, meskipun aneh, sebuah pesawat tempur Luftwaffe yang didaur ulang, telah membawa dua penumpang di sekitar Jerman pasca Perang Dunia II. Sejak itu semua jenis mesin sepeda motor bertenaga tiga roda / mobil hibrida lainnya telah lahir di lab Dr. Frankenstein, tetapi tidak ada yang pernah tertangkap. Pada awal '80 -an, Tri-Hawk muncul pada saat para periset kembali mencari desain alternatif dan kekuatan yang lebih baik untuk opsi berat. The Tri-Hawk adalah produk dari antusiasme ini, desain disulap oleh insinyur mobil balap Robert McKee sementara kantong-kantong dalam yang underwriting proyek adalah olahragawan jutawan Lou Richards. Produk jadi itu dirakit di sebuah pabrik kecil yang terletak di kota tepi pantai yang disebut Dana Point yang berjemur di matahari SoCal antara Los Angeles dan San Diego. The 1299 cubic inch datar empat mesin berpendingin udara naik di depan sementara frame dan suspensi menggemakan pengalaman pacuan kuda McKee. Sekali lagi meminjam dari teknologi Perancis, pembangun menggabungkan sistem pengereman hidrolik yang dibuat oleh Renault.

Tipping skala pada 1300 lbs., Dan didukung oleh 80 tenaga kuda melalui transmisi transaxle 5-speed, theTri-Hawk memiliki apa yang bisa disebut "karakteristik kinerja yang menggembirakan." Juga tidak pemalu di departemen catatan knalpot, pengejaran Formula Satu yang mengamuk dari pipa-pipa.

Jika Anda ingin membeli Tri-Hawk kembali pada musim gugur 1984 pada saat Harley-Davidson mengakuisisi perusahaan, Anda harus mengeluarkan $ 12.000 yang hari ini akan membeli hanya dua pertiga dari Big Twin. Saat itu 12K tampaknya banyak untuk kendaraan tanpa atas dan hanya tiga roda. Namun itu memiliki daya tarik, dan substansi, baik dalam kinerja maupun dalam departemen yang tampak. Itu bisa, seharusnya … tapi rencana permainan Pabrik kurang di bidang infrastruktur untuk mendukung penjualan. Milwaukee memutuskan untuk tidak menjualnya melalui dealer mereka, hanya menyisakan pabrik di Dana Point dan tiga lokasi waralaba lain untuk menjual Tri-Hawk … bukan ketersediaan universal atau ada tempat iklan Super Bowl di jalan promosi. Bahkan kemudian, hanya sekitar sebelas Tri-Hawks meninggalkan sarang pabrik setiap bulan, sekali lagi tidak benar-benar terbang keluar dari pintu perakitan ke dalam pelukan yang menunggu dari masyarakat yang melaju. Jadi seperti banyak spesies yang terancam punah, Tri-Hawk mati bukan karena cacat desain intrinsik, tetapi dari kelalaian.

Intinya, Tri-Hawk adalah mesin olahraga yang dirancang secara cerdas dan dibuat serius yang berbagi banyak kualitas adrenalin yang menghasilkan kinerja pengisap bola mata Cobra dan penanganan lincahnya mobil Lotus, tetapi dengan pemberian lisensi motorcycling dan asuransi, ditambah sedikit jetfighter dilemparkan masuk Ini bisa membawa dua dalam kenyamanan relatif, dan keselamatan berkat roll bar integral dan sabuk pengaman. Dan Anda tidak perlu tahu bahasa Prancis untuk menyetir. Mereka tidak halus atau temperamental, memberikan jarak tempuh yang baik, dan mudah untuk parkir. Dan di curvies, mereka makan Beemers besar dan Benz untuk sarapan. Hari ini, 12 ribu dolar tampaknya murah, kecuali Tri-Hawk terakhir yang diketahui penulis ini dijual seharga $ 25.000. Anda mungkin menangkapnya di dekat Los Angeles yang terbang di sekitar Ngarai Malibu yang dikemudikan oleh seorang pria dengan seringai lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here