Pentingnya Komunikasi Tempat Kerja yang Baik

Ini adalah kebenaran yang diterima bahwa komunikasi di tempat kerja yang baik semakin penting di dunia saat ini.

Komunikasi di tempat kerja antara manajemen dan karyawan, antara karyawan individu, dan bahkan di dalam tim manajemen dapat dengan mudah mengalami ketegangan karena kurangnya keterampilan komunikasi yang baik.

Perlunya Manajemen dan Karyawan Berkomunikasi

Artikel ini akan berkonsentrasi pada menyoroti kebutuhan komunikasi tempat kerja yang tepat antara anggota tim manajemen dan karyawan perusahaan, meskipun prinsip dasar yang sama dapat dengan mudah diperluas ke sebagian besar bidang komunikasi lainnya.

Sangat penting bahwa manajer menggunakan komunikasi tempat kerja yang baik ketika berhadapan dengan semua karyawan perusahaan dari level apa pun. Ketidakpercayaan manajer sering kali merupakan hasil dari kecurigaan karyawan yang tidak beralasan terhadap tindakan seorang manajer.

Desas-desus tentang pemecatan, pengulangan, pembekuan upah, dan kejadian serupa tidak pernah sangat jauh di bawah permukaan di tempat kerja manapun, dan itu hanya dapat mengambil satu insiden untuk seluruh perusahaan meletus.

Contoh Praktis

Untuk mengambil contoh kehidupan nyata tentang bagaimana hal-hal ini dapat dengan mudah terjadi.

Saya tahu ada satu perusahaan yang mengalami masalah arus kas karena kondisi perdagangan yang sulit. Diputuskan bahwa itu tidak akan mungkin untuk memberi karyawan kenaikan gaji tahun itu. Hanya beberapa minggu kemudian salah satu direktur perusahaan tiba untuk bekerja di mobil Jaguar baru yang dibeli untuknya oleh perusahaan.

Antagonisme yang dihasilkan, dan dalam beberapa kasus permusuhan langsung ditampilkan ke arah manajer itu yang mudah dibayangkan.

Manajer berusaha menggunakan semua keterampilannya untuk menjelaskan situasinya. Dia mencoba untuk memainkannya dan menyebutkan bahwa mobil telah diatur untuknya jauh sebelumnya, ketika kondisi perdagangan jauh lebih baik bagi perusahaan. Dia kemudian melanjutkan untuk menjelaskan bahwa meskipun mobil itu adalah mobil Jaguar yang mahal, itu benar-benar hanya Ford Mondeo dengan nama yang mewah.

Penjelasannya ini tidak dapat memuaskan karyawannya, dan situasi itu masih diingat hari ini, beberapa tahun kemudian.

Tanggapanmu?

Sekarang saya ingin Anda memikirkan situasi itu. Saya tidak akan mencoba memberikan semua jawaban dalam artikel ini. Saya ingin mendorong Anda untuk berpikir tentang keterampilan komunikasi di tempat kerja Anda, dan memutuskan bagaimana Anda akan menangani situasi itu, apakah Anda akan menggunakan penjelasan yang berbeda?

Jawaban yang Anda putuskan akan bergantung pada kepribadian Anda sendiri, dan pada karyawan yang harus Anda tangani.

Saya berharap bahwa dengan mendorong Anda untuk fokus pada keterampilan komunikasi di tempat kerja Anda selama beberapa menit, artikel ini dapat membantu Anda untuk menjadi manajer yang lebih baik, dan orang yang berkomunikasi lebih baik dengan karyawan perusahaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here