Sistem 5s Jepang adalah alat yang penting dan kuat dari Sistem Produksi Toyota.

Konsep 5s adalah sistem sederhana yang tidak dapat dibeli oleh organisasi Anda tidak untuk melaksanakan. Hemat waktu, hemat uang dan hindari kesalahan dan cacat. Apakah Anda tertarik pada 5s lean manufacturing, 5s office atau 5s housekeeping, Anda dapat menikmati reward tanpa batas dengan implementasi 5s.

FAKTA:

Produksi GM adalah 3 – 4 x biaya produksi di TMC

Mengapa? Efisiensi. Mengadopsi alat TMC dan menghemat banyak uang dan kesulitan.

LATAR BELAKANG UNTUK JEPANG 5S

5s berasal dari 5 kata dalam bahasa Jepang yang berarti ketertiban (seiri), kerapian (seiton), bersinar (seiso), kebersihan (seiketsu) dan disiplin (shitsuke). Dalam bahasa Inggris, 5s ramping:

1. Urutkan

2. Diatur dalam Orde

3. Bersinar

4. Standarisasi

5. Mempertahankan (mempertahankan disiplin untuk melanjutkan proses)

KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN

Program 5s ramping yang bagus memastikan:

  • Lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih aman
  • Peningkatan efisiensi
  • Penghapusan limbah dan barang-barang yang tidak perlu
  • Mengurangi cacat dan kerusakan mesin
  • Lebih sedikit stres dan frustrasi

KEBERHASILAN

"Setiap hari, prioritas kita adalah 2 detik." kata manajer pabrik sukses pemasok Toyota di Jepang. "Dengan 2s yang baik (semacam dan diatur dalam urutan), kami dengan mudah mencegah kecelakaan, menciptakan lingkungan yang efisien, menghindari kekacauan, menghemat waktu ketika mencari barang, dan mempertahankan motivasi karyawan. Kami dengan mudah menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan dapat mengidentifikasi pemborosan yang perlu dilakukan. dihilangkan. 5s Baik adalah titik awal untuk kaizen yang baik. "

MENGAPA ANDA MEMBUTUHKAN 5S

Sekarang inilah contoh bagus mengapa organisasi Anda membutuhkan angka 5: Seorang insinyur desain di perusahaan manufaktur tempat saya bekerja memiliki berita buruk. Dia menemukan bahwa kesalahannya telah merugikan perusahaan $ 9.700! Bagaimana itu bisa terjadi? Yah, kantornya, seperti banyak, tidak teratur. Suatu hari, ia mengambil desain yang ditetapkan untuk produksi. Tapi dia mengambil yang salah. Produksi dimulai dan tidak sampai sebulan kemudian masalah itu terungkap. Membuang-buang waktu dan uang. Dan betapa memalukannya.

PRINSIP-PRINSIP

Mari kita jatuhkan setiap langkah ke bawah:

MENYORTIR

Dalam proses penyortiran, Anda memutuskan item apa yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Yang lain harus pergi.

SET IN ORDER

Pada langkah berikutnya, semua item yang diperlukan harus dialokasikan ke rumah.

BERSINAR

Dalam langkah ini, semua anggota tim terlibat dalam pembersihan besar.

MEMBAKUKAN

Ini merupakan langkah penting dan kebutuhan mutlak untuk memastikan keuntungan jangka panjang dari lean 5s. Jadwal rutin dari kegiatan 3s sebelumnya harus dibuat dan dipraktekkan.

MENOPANG

Ini bisa menjadi bagian yang sulit. Sekali lagi, untuk memastikan hasil yang tahan lama, 5 aktivitas harus dilakukan dan mengikuti praktik standar.

Agar organisasi tidak hanya bertahan hidup, tetapi berkembang dan makmur, seperangkat pikiran yang ramping dan strategi harus diadopsi. Lean 5s adalah salah satu alat terbaik dan paling sederhana yang pernah saya lihat. Itu hanya membutuhkan pengetahuan, upaya, dan komitmen.