Kunci roda adalah kunci soket yang dirancang khusus untuk melepas mur roda. Mur lug adalah mur dengan alas bulat, biasanya digunakan untuk memasang roda pada mobil. Kunci pas Lug juga dapat disebut kunci roda roda, kunci pas mur roda, atau roda gigi. Syarat "besi ban"Juga digunakan, tetapi ban yang benar adalah tuas untuk memisahkan ban tabung dari pelek roda. Ada tiga jenis utama kunci roda.

Kunci soket: Ini hanyalah sebuah soket yang melekat pada pegangan panjang dan miring. Sebagian besar mobil datang dengan jenis kunci pas, dikemas dengan ban serep atau jack. Kadang-kadang jenis kunci pas akan memiliki ujung seperti prybar meruncing untuk menghapus dop. Desain kunci bervariasi dari model ke model tergantung pada ukuran mur, torsi kacang, dan ruang penyimpanan yang tersedia. Ini telah membuat kunci OEM yang lebih tua sangat dapat ditagih di antara mereka yang mengembalikan mobil antik ke kondisi asli.

Empat cara: Kunci roda lug ini menggunakan dua batang logam yang dilas bersama untuk membuat bentuk "X". Sekitar empat cara akan memiliki soket di setiap ujungnya, atau tiga soket dan satu ujung dengan prybar untuk melepas dop. Kunci pas aftermarket hampir selalu dijual dalam bentuk ini.

Pusat Kunci Wheel Nut Wrench: Alih-alih menggunakan beberapa mur kecil, beberapa roda khusus berperforma tinggi memiliki mur pengunci tunggal yang besar. Roda yang ditujukan untuk balap drag dilengkapi dengan soket untuk digunakan dengan kunci pas dampak sementara roda yang ditujukan untuk penggunaan jalan akan memiliki kunci pas dengan kunci inggris pengungkit untuk memungkinkan pengemudi menerapkan sejumlah besar torsi yang diperlukan untuk mengencangkan mur dengan aman. Misalnya, mur roda pada Porsche GT3 terbaru membutuhkan lebih dari 360lb-ft torsi namun tekanan jari yang ringan cukup untuk mengencangkan mur menggunakan kunci pas yang disertakan.

Ada enam ukuran umum mur roda pada mobil penumpang dan truk ringan: 17mm, 19mm, 21mm, 13/16 inci, 7/8 inci, dan 1 inci. Empat-cara secara kasar dibagi menjadi ukuran mobil (17mm-21mm) dan ukuran truk (21mm-1 inci.)

Beberapa mobil memiliki "Mengunci" mur roda. Ini memiliki kepala yang dirancang khusus yang tidak dapat dihapus dengan alat umum. Mobil biasanya dilengkapi dengan mur adaptor yang pas dengan kunci inggris, membiarkannya memutar mur pengunci. Beberapa mobil menggunakan sistem serupa untuk mengunci dop di atas mur roda. Ini akan memiliki kunci pas terpisah, biasanya dikemas dengan ban serep.

Kacang Lug harus disekrup menggunakan pola bintang, pindah ke mur terjauh dari yang terakhir yang dikencangkan. Velg dapat sedikit sejajar ketika dikencangkan dengan tangan yang dapat menyebabkan getaran pada kecepatan tinggi. Getaran ini dapat diperbaiki dengan mengencangkan mur untuk spec menggunakan kunci momen.

Beberapa kendaraan yang lebih tua datang dengan kacang bertutup timah. Topi ini dapat bekerja longgar dengan usia, mengurangi ukuran eksterior kacang. Misalnya, mur mur 21mm tanpa tutup ini sekitar 20mm. Menggunakan kunci roda pada ini dapat membulatkan baut. Solusi terbaik adalah menggunakan soket dengan benar atau menggunakan topi longgar sebagai adaptor pada kunci pas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here