Mamalia adalah sekelompok hewan dengan tulang punggung, tubuh yang ditutupi rambut, mereka menyusui anak mereka dengan susu, dan memiliki artikulasi rahang yang unik. Mamalia juga merupakan kelompok hewan yang dimiliki manusia. Mamalia Belize termasuk, tetapi tidak terbatas pada, tapir, monyet, jaguar, gibnut dan kinkajou.

Ada dua spesies monyet di Belize: Howler dan Spider. Monyet beragam ukuran dengan Howlers menjadi yang terbesar. Hati-hati dengan monyet, meskipun mereka sangat lucu dan menggemaskan. Monyet telah dikenal untuk membuang barang-barang seperti batu, buah dan kelapa pada manusia. Monyet sama berbahayanya dengan binatang lain yang ditemukan di alam liar. Jaguar adalah mamalia terbesar di Belize, sebesar enam kaki panjang plus tiga puluh inci untuk ekor. Seperti kucing besar lainnya, Jaguar berbahaya dan tidak boleh didekati atau diberi makan.

Paca dikenal luas sebagai gibnuts di Belize dan merupakan hewan buruan paling berharga di negara ini. The Queens Rat adalah salah satu dari banyak nama lokal yang telah diberikan kepada Paca. Dikatakan bahwa ratu Inggris diberi makan Paca pada salah satu kunjungannya ke Belize. Paca adalah hewan pengerat seperti Capybara di Amerika Selatan tetapi hanya setengah ukuran dan ada bulu seperti bayi rusa dengan bintik-bintik putih.

Karena tapir adalah hewan nasional Belize, adalah ilegal untuk memburu dan membunuh mereka. Orang Belize menyebutnya "sapi gunung." Sebagian besar di malam hari, Tapir makan rumput dan buah-buahan. Tumbuh hingga enam kaki panjang, tapir adalah herbivora terbesar di Belize. April tapir adalah tapir paling terkenal di Belize. Dia tinggal di Kebun Binatang Belize. Setiap tahun, kadang-kadang di bulan April, orang Belize merayakan ulang tahun April dengan kue chow kuda ketika anak-anak setempat dan para pengunjung berkumpul dan menyanyikan Selamat Ulang Tahun hingga April.

Kinkajou dikenal sebagai "pejalan malam" di Belize yang imut dan terlihat seperti lemur. Kinkajous aktif di malam hari dan menyukai buah dan serangga. Hanya sekitar enam pon dan dua setengah kaki panjangnya, termasuk ekornya, Kinkajous suka melompat dari pohon ke pohon tinggi di kanopi hutan Belize.

Belize adalah rumah bagi lebih dari 200 spesies mamalia, burung dan reptil. Hewan-hewan yang tercantum di atas hanya beberapa dari banyak mamalia dan bahkan lebih sedikit hewan secara keseluruhan di Belize. Saya harap Anda menikmati hewan-hewan indah Belize sebanyak yang saya lakukan!