Sejak diluncurkan, Mazda RX8 telah menjadi subjek pengawasan ketat oleh para penggemar. Tingkat perhatian yang tinggi bukan hanya karena dinamika berkendara mobil yang mengagumkan, tetapi juga sebagian dari laporan awal tentang kinerja di bawah perkiraan. Untuk lebih spesifik: horsepower roda diukur pada beberapa dinamometer berjalan chassis menghasilkan nilai jauh di bawah yang diharapkan 17% ~ 20% kerugian parasut drivetrain. Dan seperempat mil berjalan di mana saja antara 0,5 dan 1,5 detik dari yang diproduksi oleh majalah pada kendaraan yang diduga pra-produksi.

Sehubungan dengan peringkat horsepower RX8: materi pemasaran asli dari Mazda Amerika Utara (MNAO) mengiklankan transmisi manual 6 percepatan RX8 pada 247hp @ 8,500rpm. Dengan asumsi parasit drivetrain kehilangan antara 17% -20% -barang untuk kendaraan roda belakang modern, saham RX8 harus mengukur antara 205 ~ 197 daya kuda di roda belakang (rwhp) -tergantung pada ketinggian, tekanan barometer, suhu dan faktor koreksi diterapkan. Sebagai gantinya, stock dyno RX8 chassis menunjukkan hasil yang berkisar di mana saja dari mid-high ~ 160 hingga ~ 185rwhp. Pembacaan tersebut akan menunjukkan hilangnya drivetrain parasit lebih dari 25%. Untuk mengatakan itu, tidak dapat diterima untuk mengalami tingkat kerugian yang tinggi melalui drivetrain "mobil sport" dengan poros penggerak serat karbon – di antara hal-hal lain – adalah pernyataan yang meremehkan.

Untuk lebih mengonsolidasikan keraguan tentang keluaran daya aktual Renesis baru, beberapa pemilik tidak dapat mereproduksi pertengahan-rendah 14 detik seperempat mil berlalu – seperti yang dipublikasikan oleh majalah mobil AS yang terkenal. Kecepatan jebakan rendah adalah petunjuk lain terhadap kurangnya output daya.

Tak lama setelah itu, beberapa perdebatan di forum penggila online dan papan diskusi berubah menjadi argumen yang memanas tentang apa yang menyebabkan "kinerja garis lurus" yang buruk. Banyak mantan pemilik Miata ingat "snafu" sebelumnya dalam sejarah Mazda, ketika pabrikan mengakui melebih-lebihkan angka-angka tenaga kuda dari Mazda Miata yang dirancang ulang.

Setelah beberapa bulan, MNAO maju dan menjelaskan bahwa mereka telah salah mengartikan output tenaga Renesis. Angka yang direvisi sekarang adalah 238hp @ 8,500rpm; Namun, menurut MNAO, revisi ini tidak mengubah hasil kinerja trek yang dicapai sebelumnya.

Spekulasi tentang alasan di balik kurangnya output daya tiba-tiba banyak. Namun, saat ini ada dua aliran pemikiran:

  • Yang pertama mendukung gagasan bahwa unit manajemen mesin RX-8 (ECU), bersama dengan banyak perangkat "pengasuh" -seperti ABS & TCS- tidak memungkinkan untuk mendapatkan pembacaan akurat dari dinamometer sasis. Untuk menyederhanakan, ketika mobil dijalankan pada chasis dyno, hanya roda yang digerakkan yang berputar. ECU RX-8 akan mendeteksi situasi mengemudi yang abnormal dan memperlambat waktu dan menerapkan langkah-langkah keamanan lainnya untuk mempertahankan baik "pengemudi" atau "mesin" -atau baik- dari kerusakan (baca: situasi penyaradan, atau mobil keluar dari jalan.)
  • Yang kedua percaya bahwa MNAO dipaksa untuk merekayasa ulang perangkat lunak yang menjalankan manajemen mesin bahkan sebelum batch pertama RX-8 mencapai pantai AS, karena peraturan emisi Federal yang akan datang. Saya telah membaca satu secara khusus, yang membutuhkan umur pengubah katalisator ~ 100.000 mil. Nomor musuh salah satu pengubah katalitik pada kendaraan apa pun adalah panas (dan panas adalah atribut nomor satu dari gas buang mesin rotari.)

MNAO menawarkan dua opsi kepada mereka yang telah memesan RX-8, atau telah membeli tidak lebih dari September 2003:

  • Mereka akan membeli kembali kendaraan, tidak ada pertanyaan yang diajukan.
  • Mereka akan menawarkan Perawatan Terjadwal GRATIS untuk masa garansi, ditambah "kartu hadiah" 500 dolar kepada mereka yang memilih untuk tetap menggunakan mobil.

Saya termasuk orang yang memilih mempertahankan RX-8 mereka. Setelah semua, pengalaman mengemudi tidak berubah sejak tes mengemudi kendaraan sebelum membelinya. Sejak Agustus 2003 saya telah mencatat lebih dari 20.000 mil —sebelum 1/18 / 2005 — dan saya hanya memiliki satu ons penyesalan atas keputusan saya. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang pendapat pemilik, kunjungi utas ini @ RX8Club.com

Ada sejumlah "pembaruan" ECU yang dirilis selama 2 tahun terakhir. Sejauh pengetahuan saya, semua sampel awal '04 RX-8, berasal dari port dengan level "J" dari perangkat lunak manajemen mesin. Sejak itu, kami telah meningkatkan semua jalan melalui alfabet ke "M" -yang dirilis pada kampanye TSB oleh Mazda Amerika Utara (MSP04) untuk memiliki SEMUA kendaraan yang diambil untuk Service @ Dealer Resmi berubah menjadi "M" kalibrasi .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here