Awal musim formula 2007 telah melihat sorotan jatuh tegas di tim McLaren Formula One dengan kedatangan Lewis Hamilton di tempat kejadian. Dengan keberhasilannya yang luar biasa sejauh ini di musim debutnya dan beberapa kontroversi di sepanjang jalan, McLaren hampir tidak pernah keluar dari halaman berita olahraga.

Namun keberhasilan ini bukanlah hal baru bagi tim. Selama sejarahnya tim telah memenangkan 8 kejuaraan konstruktor dan 11 kejuaraan pembalap dengan motor sport legendaris seperti Emerson Fittipaldi, James Hunt, Ayrton Senna dan baru-baru ini Mika Häkkinen. Faktanya mereka adalah tim formula kedua yang paling sukses setelah Ferrari, dengan lebih banyak kemenangan Grand Prix di bawah kendali mereka daripada konstruktor lain selain Ferrari.

Tim ini didirikan pada 1963 oleh Selandia Baru Bruce McLaren dan pada waktu itu dikenal sebagai Bruce McLaren Motor Racing terbatas. Mereka menghabiskan tiga tahun pertama mereka membangun mobil formula satu dan akhirnya siap untuk melakukan debut mereka di Grand Prix Monako tahun 1966 dengan pendiri tim di kemudi. Perlombaan pertama berakhir dengan kegagalan sebagai akibat dari kebocoran minyak yang serius namun tim melanjutkan untuk mencetak poin kejuaraan pertama mereka di akhir tahun itu. 968 melihat tim skor kemenangan ras pertama mereka sebagai Bruce mengemudikan McLaren Ford untuk kemenangan di Belgia. Mereka kemudian melanjutkan untuk mencatat kemenangan lebih lanjut di Italia dan Kanada akhir tahun itu.

Tahun 1970-an dimulai dalam tragedi bagi McLaren ketika Bruce McLaren kehilangan nyawanya dalam kecelakaan pengujian di Goodwood. Meskipun tim melanjutkan warisannya, mereka tidak akan melihat balapan lain menang selama dua tahun. Akhirnya di grand prix Afrika Selatan pada tahun 1972 Denny Hulme, mantan juara dunia, mencatat kemenangan balapan pertamanya untuk McLaren sejak kematian Bruce ..

1974 melihat perubahan haluan di tim keberuntungan. Emerson Fittipaldi bergabung dengan tim dan dengan pengemudinya berhasil memenangkan gelar konstruktor dunia pertama mereka serta gelar pembalap dunia. Mereka bahkan berhasil memenangkan Indianapolis 500 di tahun yang sama. Kemenangan kejuaraan tim berikutnya datang pada tahun 1976 dengan James Hunt mengambil alih dari Fittipaldi dan mengambil kejuaraan pembalap.

.

Pada tahun 1980, McLaren kembali tampil. Tim McLaren bergabung dengan tim Formula 2 Ron Dennis dari tim McLaren F1 saat ini dan mereka memulai dominasi mereka di Formula satu. Suksesi pembalap papan atas selama beberapa tahun ke depan, orang-orang seperti Niki Lauda, ​​Alain Prost dan Ayrton Senna membawa hasil luar biasa dengan McLaren mengambil kejuaraan pada 1984, 1985, 1988 dan 1989. Rekan setim Ayrton Senna dan Alain Prost mencapai angka tertinggi kemenangan balapan ganda dari setiap pasangan di F1, membukukan 14 kemenangan antara mereka pada tahun 1988 dan 1989. Kemitraan ini memegang rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim, memenangkan 15 dari 16 balapan pada tahun 1988. 1988 dipandang sebagai puncak kesuksesan mereka hingga saat ini. Kombinasi pemenang Senna & Prost bersama dengan mesin Honda baru kelas terkemuka berarti bahwa tidak hanya mereka memenangkan semua kecuali satu balapan, mereka juga memimpin semua kecuali 27 lap musim ini, rekor yang masih belum terkalahkan hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here